Irwan Febri Rialdi
Holypaul Septinus Soumilena alias Evan Soumilena (10) usai menjebol gawang Malaysia di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Keberhasilan Timnas Futsal Indonesia menembus babak final Piala AFF Futsal 2022 membuat ranking tim Merah Putih langsung meroket.

Timnas Futsal Indonesia memastikan satu tiket di final Piala AFF Futsal 2022 usai mengalahkan Myanmar di babak semifinal, Jumat (8/4).

Dalam duel tersebut, tim Merah Putih berhasil menang dengan skor 6-1 lewat sumbangan dua gol Ardiansyah Runtuboy, dan masing-masing satu gol oleh Syauqi Saud, Evan Soumilena, Firman Ardiansyah, Guntur Sulistyo.

Baca Juga:
Sambut Liga 1 Musim Depan, PSS Sleman Resmi Lepas Pelatih I Putu Gede dan Para Asistennya

Di final Piala AFF Futsal nanti, Timnas Indonesia akan bersua tuan rumah, Thailand yang menang atas Vietnam 3-1 di babak semifinal di hari yang sama.

Terlepas dari hal tersebut, keberhasilan Timnas Futsal Indonesia ke final Piala AFF Futsal membuat tim Merah Putih memastikan satu tempat di putaran final Piala Asia Futsal 2022.

Timnas Futsal Indonesia akan menjadi salah satu dari tiga wakil ASEAN yang bakal tampil di Piala Asia Futsal 2022 di Kuwait mendatang.

Baca Juga:
Korea Open 2022: Jonatan Christie Melaju ke Final usai Bungkam Kidambi Srikanth

Kiprah apik Timnas Futsal Indonesia sepanjang Piala AFF Futsal 2022 ini tak ayal memberi dampak pada ranking tim Merah Putih di mata dunia.

Sebagai catatan, Timna Futsal Indonesia belum terkalahkan di lima laga yang telah dijalani di Piala AFF Futsal 2022 sejauh ini.

Anak asuh Muhammad Hashemzadeh mampu meraih empat kemenangan dan satu hasil imbang yakni atas Brunei Darussalam (12-0), Malaysia (5-1), Thailand (2-2), Kamboja (11-2) dan Myanmar (5-1).

Baca Juga:
Jamu Manchester United, Frank Lampard Minta Dukungan Penuh dari Suporter

Karena catatan itu, rangking Timnas Futsal Indonesia langsung melonjak drastis, di mana tim Merah Putih langsung naik ke 45 dari sebelumnya ranking 48.

Sedangkan untuk di kawasan Asia atau AFC, Timnas Futsal Indonesia tetap bertahan di peringkat ke-10 dan berada di ranking ke-3 untuk kawasan ASEAN di belakang Thailand dan Vietnam.

Timnas Futsal Indonesia masih bisa mengerek posisinya ke atas kembali, andai bisa mengalahkan Thailand di final Piala AFF Futsal 2022.

Baca Juga:
Hasil Korea Open 2022: Rinov/Pitha Kandas, Jonatan Christie Melaju ke Final

Selain itu, mengalahkan Thailand di final Piala AFF Futsal 2022 akan membuat Timnas Futsal Indonesia bisa menggondol trofi keduanya di ajang ini, setelah terakhir mendapatkannya pada 2010 silam.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Load More