Irwan Febri Rialdi
Mohammad Hashemzadeh saat membela Timnas Iran vs Brasil di Piala Dunia Futsal 2008. (Antonio Scorza/AFP)

Bolatimes.com - Pelatih timnas futsal Indonesia, Mohammad Hashemzadeh, memiliki rekam jejak yang cukup luar biasa ketika masih aktif bermain.

Pengalaman luar biasanya sebagai pemain itu turut berguna saat Mohammad Hashemzadeh menakhodai timnas futsal Indonesia di ajang Piala AFF Futsal 2022.

Sebagai informasi, Mohammad Hashemzadeh merupakan sosok juru taktik yang dipilih oleh Federasi Futsal Indonesia (FFI) pada 11 Maret 2022 yang lalu.

Baca Juga:
Bobol Gawang Kamboja 11 Gol, Media Vietnam Takjub dengan Kehebatan Timnas Futsal Indonesia

Mohammad Hashemzadeh menjadi nama terbaru yang dipilih untuk menggantikan pelatih timnas futsal Indonesia sebelumnya, Kensuke Takahashi.

Sebelum terjun di dunia kepelatihan, Hashemzadeh merupakan pemain yang cukup berprestasi, baik di level klub maupun tim nasional.

Lelaki kelahiran Abadan, pada 27 Januari 1997, ini bermain sebagai flank ketika masih aktif bermain. Akan tetapi, ia memutuskan pensiun pada tahun 2013 saat memperkuat Giti Pasand FC.

Baca Juga:
Menang, Timnas Indonesia U-19 Hajar Pohang Steelers 2-0

Selama meniti kariernya sebagai pemain, Mohammad Hashemzadeh sudah berhasil meraih empat gelar juara Liga Futsal Iran.

Gelar pertama diraih bersama Tam Iran Khodro, sedangkan dua gelar selanjutnya direngkuh bersama Foolad Mahan Isfahan, dan terakhir bersama Giti Pasand.

Sebelum meraih empat gelar juara itu, paling mentok prestasi Hashemzadeh hanya merengkuh status sebagai runner-up.

Baca Juga:
Bantai Kamboja 11-2, Timnas Futsal Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF Futsal 2022

Setidaknya, dia dua kali merah gelar runner-up, yakni bersama Hesa Isfahan Club pada tahun 1999/2000 dan 2000/2001.

Sementara itu, ketika bermain bersama Foolad Mahan, Mohammad Hashemzadeh juga sempat meraih gelar juara Piala AFC Futsal Antarklub pada tahun 2009.

Sementara itu, di level tim nasional, Mohammad Hashemzadeh memutuskan untuk gantung sepatu pada tahun 2010 setelah berkarier selama nyaris 10 tahun.

Baca Juga:
Gestur Park Hang-seo Disorot, Grogi saat Vietnam Segrup dengan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Selama kiprahnya itu, ia sudah berhasil mempersembahkan delapan gelar juara Piala Asia Futsal untuk timnas futsal Iran.

Mohammad Hashemzadeh saat membela Timnas Iran vs Brasil di Piala Dunia Futsal 2008. (Antonio Scorza/AFP)

Delapan trofi itu diraih oleh Mohammad Hashemzadeh pada edisi 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2007, 2008, dan terakhir 2010.

Secara keseluruhan, Mohammad Hashemzadeh sudah mencatatkan 115 caps bersama timnas futsal Iran. Dari seluruh aksinya itu, ia sukses menyumbang 50 gol.

Selain itu, Mohammad Hashemzadeh juga menjadi salah satu pemain yang sukses membawa timnas futsal Iran menduduki peringkat kelima pada Piala Dunia Futsal 2008 di Brasil.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More