Rauhanda Riyantama
Ekspresi pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, saat menjuarai Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2017. [Humas PBSI]

Bolatimes.com - Kabar kurang baik datang dari tim bulu tangkis Indonesia jelang bergulirnya Korea Open 2022. Kondisi fisik mereka dalam kondisi belum bugar 100 persen.

Hal itu diungkapkan oleh pelatih ganda campuran Indonesia, Nova Widianto. Ia menyebut kondisi tim belum sepenuhnya bugar setelah dua hingga tiga turnamen Eropa dalam lima pekan terakhir.

Kondisi makin diperparah dengan perbedaan zona waktu dari Eropa ke Asia, yang membuat tim pelatih harus pintar menyiasati menu latihan yang diberikan.

Baca Juga:
Kisah Haru Dimas Juliono, Pemain Timnas U-19 yang Jalani Puasa Ramadan di Korsel

“Buat Rinov/Pitha dan Adnan/Mychelle, ini akan menjadi turnamen keempat selama lima minggu terakhir. Tiga di antaranya di Eropa. Cukup melelahkan memang, tapi mereka dalam kondisi siap tempur,” ucap Nova dalam rilis PBSI, Senin.

Meski demikian, Nova Widianto menegaskan anak-anak asuhnya siap tempur dalam turnamen level Super 500 Korea Open 2022 pada 5-10 April ini di Palma Indoor Stadium, Suncheon.

Ia juga mengakui bahwa porsi latihan menjelang Korea Open 2022 juga tidak maksimal sehingga tim pelatih hanya fokus memberikan menu latihan yang dapat menjaga kondisi para pemain agar tidak terlalu menurun.

Baca Juga:
Dua Hal yang Perlu Dibenahi Timnas Futsal Indonesia usai Bantai Malaysia

Selain itu, Nova mengatakan bahwa dirinya juga berupaya untuk mengembalikan kepercayaan diri anak asuhnya setelah hasil kurang memuaskan pada tur Eropa.

“Semoga di Korea ini mereka bisa berbicara lebih banyak. Untuk kendala ada di masalah jetlag setelah dari Eropa, jam tidurnya terganggu karena perbedaan waktunya lumayan signifikan di sini,” tutur dia.

Sementara itu, Irwansyah yang mendampingi tim tunggal putra mengatakan bahwa persiapan Jonatan Christie dan kolega untuk Korea Open 2022 sudah baik. Dia berharap pemainnya bisa bermain maksimal.

“Persiapan Jojo (Jonatan Christie), Ginting (Anthony Sinisuka Ginting), dan Vito (Shesar Hiren Rhustavito) sudah bagus. Kami terus menjaga fokusnya dan juga fisiknya agar tetap stabil. Alhamdulillah, semua dalam keadaan sehat. Semoga di sini semua bisa bermain semaksimal mungkin,” ucap Irwansyah.

[Antara]

Load More