Irwan Febri Rialdi
Sejumlah pebola voli dan tim ofisial Bogor Lavani melakukan selebrasi kemenangan setelah menjuarai Proliga 2022 di Padepokan Voli Jendral Polisi Kunarto, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/3/2022). Bogor Lavani juara Proliga 2022 usai menang atas Surabaya Bhayangkara Samator pada babak grand final dengan skor 3-2 (25-27, 25-19, 20-25, 25-18- 15-10). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/pras.

Bolatimes.com - Klub bola voli yang dimiliki oleh mantan Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Bogor LavAni, sukses merengkuh gelar juara Proliga 2022.

Kepastian ini diraih oleh Bogor LavAni setelah membungkam Surabaya Bhayangkara pada pertandingan final Proliga 2022 di GOR Padepokan Voli Jenderal Polisi Kusnarto, Sentul, Minggu (27/3/2022).

Ini merupakan sebuah pencapaian yang impresif bagi klub bola voli milik Presiden SBY tersebut. Sebab, Bogor LavAni berstatus sebagai tim debutan di Proliga 2022.

Baca Juga:
Timnas Italia Gagal Lolos Piala Dunia 2022, 3 Pemain Isyaratkan Pensiun

Dengan demikian, Bogor LavAni sukses menorehkan tinta emas dalam buku sejarah voli Indonesia karena menjadi debutan pertama yang sukses meraih gelar juara di Proliga.

Berikut Bolatimes.com menyajikan profil Bogor LavAni, klub bola voli yang dimiliki oleh SBY dan sukses juara Proliga 2022.

Profil Bogor LavAni

Baca Juga:
Ayahnya Lebih Perhatian ke Asnawi Mangkualam, Ini Respons Anak Shin Tae-yong

Jika dirunut dari sejarahnya, Bogor LavAni didirikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 1 Desember 2019. Klub ini berbasis di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Kabarnya, SBY mendirikan klub ini sebagai bentuk wujud cinta dan penghormatannya untuk almarhumah istrinya, Ani Yudhoyono.

Hal ini juga terlihat dari asal-usul penamaan Bogor LavAni yang terdiri dari ‘Bogor’, ‘Love’, dan ‘Ani’. Dua kata terakhir ini digabung menjadi LavAni.

Baca Juga:
Segini Bonus yang Diterima Juara Swiss Open 2022 Jonatan Christie dan Fajar/Rian

Sebetulnya, Bogor LavAni sudah dipersiapkan untuk tampil di Proliga pada tahun 2020. Sayangnya, kompetisi harus terhenti karena pandemi Covid-19 dan baru bisa bergulir pada 2022.

Sejak awal, tim asuhan Jiang Jie ini memang memiliki keseriusan untuk tampil di kompetisi profesional bola voli di Indonesia.

Sebab, Bogor LavAni diperkuat sejumlah pemain bintang bola voli nasional. Ada pula pemain muda berbakat, dan pemain asing yang mumpuni.

Baca Juga:
Media Vietnam Soroti Hasil Buruk Timnas Indonesia U-19 di Korea Selatan

Beberapa nama bintang di Bogor LavAni merupakan pemain timnas voli Indonesia. Mereka adalah Doni Haryono (outside hitter) dan Dio Zulfikri (setter).

Menurut Jiang Jie, persiapan matang Bogor LavAni menjadi salah satu kunci keberhasilan timnya meraih gelar juara.

Gelar Proliga 2022 ini memang terhitung istimewa. Sebab, Bogor LavAni sukses menjegal Surabaya Samator yang berstatus sebagai peraih tujuh gelar Proliga.

“LavAni merupakan tim yang baru saja dibentuk. Jadi, kemenangan ini sangat bermakna untuk kami, termasuk saya sendiri,” kta Jiang Jie.

“Kuncinya hanya kerja sama tim. Semua tim bermain sangat bagus, tapi di sini semua tergantung kerja sama antarpemain,” lanjutnya.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More