Rauhanda Riyantama
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira (tengah) berfoto di podium bersama pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo (kiri) dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco (kanan) seusai balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Bolatimes.com - Gelaran MotoGP Mandalika 2022 menghadirkan serangkaian momen-momen fenomenal dari para pembalap ternama dunia, aksi kocak mereka tak sedikit menggelitik penonton.

Cuaca tak menentu menjadi salah satu tantangan tersendiri yang harus dihadapi para pembalap MotoGP beserta timnya di MotoGP Mandalika 2022.

Mulai dari cuaca panas hingga suhu lintasan mencapai 54 derajat celsius, hingga kemudian tiba-tiba diguyur hujan deras dan membuat rangkaian balapan tertunda.

Baca Juga:
Kabar Terbaru Marc Marquez usai Batal Balapan di MotoGP Mandalika 2022

Meski begitu, Miguel Oliveira selaku pembalap asal Portugal sukses menjinakkan tantangan yang diberikan Indonesia di Sirkuit Mandalika pada seri kedua MotoGP 2020.

Posisi kedua ditempati kandidat juara dunia musim ini yang membalap untuk tim pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo, dan Johann Zarco di tempat ketiga.

Terlepas dari itu, berikut ini beberapa aksi unik yang melibatkan para pembalap di MotoGP Mandalika 2022, mulai dari berendam di ember hingga pakai motor dengan pelat mati.

Baca Juga:
Moncer di Liga 1, Irfan Jauhari Disebut Kapten Masa Depan Persis Solo

1. Berendam di Ember

Pebelap MotoGP berendam di air. (Twitter/@Tech3Racing)

Cuaca panas di Mandalika tentu saja bukan hal biasa bagi orang-orang Eropa, sama halnya kebanyakan pembalap MotoGP musim ini.

Suhu yang tak bersahabat tentu membuat mereka tak nyaman, bahkan saking panasnya para pembalap Red Bull KTM Tech3 sampai nekat berendam air es di ember.

Baca Juga:
Juara MotoGP Mandalika 2022, Berikut 7 Fakta Menarik Kemenangan Miguel Oliveira

Hal itu ditunjukkan oleh Raul Fernandez dan koleganya di tim KTM Tech3, momen keduanya ini bahkan diunggah akun Twitter resmi tim mereka.

2. Alex Rins di Tong Sampah

Pembalap MotoGP Alex Rins yang berendam di dalam tong sampah. [Istimewa]

Aksi kocak selanjutnya ditunjukkan pembalap Suzukli Ecstar, Alex Rins yang sepertinya juga tak nyaman dengan cuaca panas di Mandalika.

Baca Juga:
Arema FC vs Borneo FC Imbang 2-2, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1

Rins juga ikut berendam air es, namun tempat yang digunakan bukanlah ember besar melainkan tong sampah, meski begitu tentu tong tersebut sudah dalam keadaan steril.

3. Minta Nasi

Aksi nyeleneh ditunjukkan pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro di hari pertama MotoGP Mandalika 2022, tepatnya setelah menyelesaikan sesi latihan bebas 1 (FP1).

Melalui unggahan pada akun Instagram pribadi, Aleix membagikan momen saat ia akan menyantap makanan, yakni seporsi nasi putih dalam wadah.

Namun wadah yang digunakan Aleix cukup menarik perhatian, sebab bertuliskan Suzuki Ecstar dan alas yang dipakai bertuliskan Aprilia.

Dalam unggahan itu, Aleix berterima kasih kepada tim pabrikan Suzuki setelah memberinya satu porsi makanan pokok masyarakat Indonesia itu.

4. Fabio Quartararo Cosplay Pawang Hujan

Pembalap MotoGP Fabio Quartararo menirukan aksi pawang hujan. (Twitter/@motogp)

Balapan kelas utama MotoGP Mandalika 2022 sempat tertunda setelah tiba-tiba hujan lebat mengguyur kawasan Lombok hingga Sirkuit Mandalika terdampak.

Menariknya untuk mengatasi hal itu, MGPA turut menggunakan jasa pawang hujan guna mengatasi kondisi dan mencegah hujan turun lebih lebat lagi.

Aksi pawang hujan tersebut sukses menghibur para penonton dan para pembalap serta kru masing-masing tim mereka.

Bahkan Fabio Quartararo sempat menirukan aksi pawang tersebut, tak pelak hal itu mengundang gelak tawa para penonton.

5. Motor Pelat Mati

Viral Marc Marquez Dibonceng Naik Vario, Plat Motor Bikin Warganet Salfok (instagram/@jevuska)

Marc Marquez mungkin menjadi pembalap yang paling apes di MotoGP Mandalika 2022, pembalap Catalan ini total empat kali mengalami crash hingga membuatnya divonis gegar otak.

Karena itu pula Marquez dinyatakan tidak fit jelang balapan kelas utama digelar, hingga akhirnya membuatnya absen pada seri kedua MotoGP 2022.

Terlepas dari itu, terdapat momen kocak yang melibatkian Marquez di saat ia mengalami nasib sial usai crash pada sesi kualifikasi.

Usai terjatuh, Marquez bergegas menuju ke paddock dan seorang staf memboncengnya menggunakan motor berpelat Indonesia untuk sampai ke kandangnya.

Menariknya, motor yang digunakan itu terlihat menggunakan pelat nomor yang masa aktifnya sudah berlalu dan dapat dikatakan mati pajak.

Motor yang digunakan membonceng Marquez itu bernomor DK 8368 D dan sudah habis pajak pada Februari 2021. 

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More