Irwan Febri Rialdi
Pelatih Rusia, Stanislav Cherchesov mendapatkan bintang kehormatan dari Presiden Vladimir Putin (RT)

Bolatimes.com - Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang kini tengah menjadi sorotan dunia karena invasinya ke Ukraina, ternyata memiliki hubungan dekat dengan sejumlah atlet.

Beberapa atlet yang dikenal dekat dengan Vladimir Putin ini merupakan olahragawan yang sukses menjadi juara dunia dan mengharumkan nama Rusia.

Atlet-atlet ini juga kerap mendapat undangan dari Putin untuk berkunjung ke Istana Negara. Beberapa di antaranya bahkan mendapat jalan dari Putin untuk menjadi politisi.

Baca Juga:
Profil Paris Pernandes, 'Si Salam dari Binjai' yang Kalahkan Peraih Emas PON di Ring Tinju

Selain itu, ada pula atlet cantik dari Rusia yang dikabarkan memiliki hubungan spesial dengan Putin. Namun, pemberitaannya pernah dibantah dan surat kabar yang memberitakan justru dibredel oleh pemerintah.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima atlet yang memiliki hubungan baik dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

1. Alina Kabaeva

Baca Juga:
Profil Risna Prahalabenta, Pencetak Gol Indah yang Jadi Mimpi Buruk Arema FC

Atlet senam irama Rusia, Alina Kabaeva. (Instagram/@alinakabaeva.official)

Peraih medali emas Olimpiade di cabang senam irama, Alina Kabaeva, memiliki karier politik yang moncer karena prestasinya tersebut.

Alina Kabaeva yang sukses mengharumkan nama Rusia mendapat berbagai macam penghargaan dari Putin.

Kabarnya, perempuan berusia 38 tahun ini memiliki hubungan kedekatan spesial dengan Vladimir Putin. Namun, hal ini masih menjadi rumor karena tak ada pihak yang berani angkat bicara.

Baca Juga:
Jadi Pahlawan, Kiper Liverpool Caoimhin Kelleher Dulunya Adalah Striker

Pada tahun 2008, sebuah surat kabar di Rusia, yakni Moskovsky, pernah memberitakan hubungan antara Kabaeva dengan Putin. Namun, berita tersebut dibantah surat kabarnya dibrede.

2. Adelina Sotnikova

Atlet selunncur indah, Adelina Sotnikova. (Instagram/@adelina_sotnikova14)

Vladimir Putin juga dikabarkan memiliki keakraban dengan atlet seluncur indah asal Rusia, Adelina Sotnikova. Perempuan berusia 25 tahun ini punya prestasi gemilang.

Baca Juga:
Ucapan Perpisahan Singkat Brylian Aldama usai Diputus Kontrak HNK Rijeka, Cuma 3 Kata

Atlet dengan nama lengkap Adelina Dmitriyevna Sotnikova itu pernah merebut medali emas Olimpiade 2014. Karena prestasi itu, Putin terkesan dengan Adelina.

Seiring menurunnya prestasi Adelina, kini hubungannya dengan Vladimir Putin sudah jarang menjadi bahan pemberitaan.

3. Yelena Isinbayeva

Atlet lompat galah Rusia, Yelena Isinbayeva. (Instagram/@isinbaevayelena)

Peraih dua kali medali emas Olimpiade dan tiga kali peraih gelar juara dunia di cabang olahraga lompat galah membuat Yelena Isinbayeva menjadi terkenal, termasuk mendapat atensi dari Putin.

Prestasi yang diraih Yelena sukses membuat Putin takjub. Bahkan, Yelena sempat mendapat posisi strategis di pemerintahan Putin.

4. Alexandre Ovechkin

Atlet hoki es Rusia, Alexandre Ovechkin. (Instagram/@aleksandrovechkinofficial)

Atlet hoki es yang menjadi bintang Washington Capitals, Alexandre Ovechkin, juga dikabarkan memiliki hubungan yang baik dengan Vladimir Putin.

Pasalnya, Alexandre Ovechkin merupakan salah satu olahragawan yang paling dikagumi di Rusia. Oleh karena itu, Ovechkin sering berjumpa dengan Putin.

Putin kerap kali mengundang atlet hoki es ini ke istana negara. Hal ini dilakukan sang presiden untuk menghormati atlet-atlet yang mengharumkan nama Rusia di kancah internasional.

5. Khabib Nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov dan Clarence Seedorf mengumumkan terbentuknya SK Sports Holding di Dubai pada 1 November 2021. (Dok. Arabnews)

Hubungan antara Khabib Nurmagomedov dengan Vladimir Putin mulai terbangun sejak pertarungannya dengan atlet UFC, Conor McGregor.

Seusai pertandingan itu, Putin dikabarkan sempat menghubungi Khabib untuk menyampaikan ucapan selamat. Putin juga ingin bertemu dengan Khabib dan akhirnya terwujud pada 2019.

Setelah pertemuan itu, Khabib dan Putin beberapa kali berkomunikasi. Putin sempat ingin mengundang Khabib untuk kembali berkunjung ke Istana Negara.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More