Irwan Febri Rialdi
Legenda bulutangkis Indonesia, Rexy Mainaky. [Humas PBSI]

Bolatimes.com - Keberhasilan Malaysia meraih gelar juara beregu putra pada ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BATC) 2022 tak terlepas dari tangan dingin pelatih-pelatih asal Indonesia,

Sebab, ada sejumlah nama pelatih asal Indonesia yang saat ini bertugas di staf kepelatihan Malaysia pada ajang BATC 2022.

Pelatih-pelatih asal Indonesia ini pun sukses membawa Malaysia merengkuh gelar juara BATC 2020 seusai menundukkan Indonesia di final.

Baca Juga:
Profil Shayne Pattynama, Calon Pesaing Pratama Arhan di Posisi Bek Kiri Timnas Indonesia

Dalam pertandingan yang berlangsung di Setia Convention Centre, Selangor, Minggu (20/2/2022) itu, Malaysia sukses menundukkan Indonesia dengan skor 3-0.

Pada partai pertama, Lee Zii Jia sukses menumbangkan Chico Aura Dwi Wardoyo dengan skor 14-21, 21-12, dan 21-10.

Lalu, pada partai kedua, Aaron Chia/Soh Wooi Yik mengalahkan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dengan skor 17-21, 21-13, 21-18.

Baca Juga:
Profil Gavi, Wonderkid Barcelona yang Tak Tahu Cara Mengikat Tali Sepatu

Adapun pada laga penentuan, Ng Tze Yong sukses menundukkan  Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay dengan skor 21-14 dan 21-15.

Keberhasilan atlet tepok bulu Malaysia yang sukses meraih gelar juara BATC 2022 itu tak terlepas dari sejumlah pelatih asal Indonesia.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga pelatih Indonesia yang berjasa besar di balik kesuksesan Malaysia meraih gelar juara beregu putra di BATC 2022.

Baca Juga:
Sandy Walsh Selebrasi Pakai Bahasa Jawa, Panen Komentar Kocak

1. Rexy Mainaky

Legenda bulutangkis Indonesia, Rexy Mainaky. [Humas PBSI]

Rexy Mainaky saat ini berstatus sebagai Director of Coaching ganda putra di tim Malaysia. Rexy merupakan legenda bulu tangkis yang sangat berprestasi saat masih aktif bermain.

Sebab, bersama Ricky Subagja, Rexy sukses menyabet medali emas ganda putra di ajang Olimpiade 1996 Atlanta.

Baca Juga:
Bakal Debut di Liga Champions, Dussan Vlahovic Dipastikan Jadi Starter Juventus

Sebagai Wakil Direktur Kepelatihan di Federasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM), Rexy sudah memberikan banyak dampak positif untuk kemajuan dunia tepok bulu di Negeri Jiran.

2. Flandy Limpele

Legenda bulutangkis Indonesia, Flandy Limpele. [AFP/Brian Stewart]

Salah satu pelatih asal Indonesia yang kini bertugas di Malaysia ialah Flandy Limpele. Ia bertanggung jawab untuk mengasah sektor ganda putra.

Flandy Limpele sudah menjabat sebagai pelatih ganda putra Malaysia sejak tahun 2020. Hasilnya pun cukup instan.

Sebab, muncul sejumlah ganda putra berkualitas semacam Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Keduanya melesat sejak diasuh oleh Flandy.

Salah satu bukti ampuh dari tangan dingin Flandy yakni keberhasilan keduanya menyabet perunggu Olimpiade Tokyo 2020.

3. Hendrawan

Di sektor tunggal putra, salah satu putra terbaik Indonesia yang kini menangani Malaysia ialah Hendrawan. Ia adalah sosok legendaris yang pernah menyabet medali Olimpiade.

Saat masih aktif bermain, Hendrawan sukses merebut medali perak di Olimpiade 2000 Sydney. Hendrawan sudah aktif menjadi pelatih tunggal putra Malaysia sejak 2009.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More