Rauhanda Riyantama
Sejumlah pembalap memacu motornya dalam race 1 WorldSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Bolatimes.com - Indonesia sebenarnya pernah melahirkan para pembalap yang mengukir prestasi di level dunia. Bahkan namanya tercatat dalam buku sejarah.

Belakangan, dibukanya Sirkuit Mandalika seperti menjadi pelecut semangat dan pengingat, bahwa Indonesia bisa benar-benar membuktikan diri menjadi bangsa yang pantas diperhitungkan.

Nah untuk yang belum mengetahui daftar pembalap legendaris Indonesia ini, berikut daftar pembalap legendaris Indonesia yang pernah menggemparkan dunia.

Baca Juga:
Mengenal Shayne Pattynama, Pemain Liga Norwegia yang Tertarik Bela Timnas Indonesia

1. M Gumilar

Tak hanya jadi legenda di Indonesia, nama M Gumilar sendiri juga turut tercatat dalam Museum Ducati Italia. Ia tercatat pernah menunggangi Ducati 175 Sport, sehingga tercatat dalam museum terbesar sektor balapan tersebut.

Tak hanya itu, beliau juga tercatat pernah menaiki motor Kawasaki 350 cc serta Aermachi Harley-Davidson. Tentu saja, motor tersbut bukan motor sembarangan. Prestasinya juga terbilang mentereng di masa keemasannya.

Baca Juga:
Jadwal Liga Champions Malam Ini: Chelsea vs Lille, Villarreal vs Juventus

2. Benny Hidayat

Nama Benny Hidayat tentu tak asing di dunia balap motor. Pasalnya, nama beliau tercatat aebagai salah satu pembalap unggulan di tahun 1968 hingga 1970-an. Beliau meraih gelar juara pada Grand Prix Indonesia tahun 1970 silam, dan menjadikannya pembalap andalan negeri ini.

Gelar juara juga diperoleh ketika ia turut dalam gelaran Grand Prix Makau, kala itu ia menunggangi kuda besi dari Yamaha, Yasi 125 Twin.

Baca Juga:
Kabar Baik, Shayne Pattynama Bersedia Bela Timnas Indonesia

3. Sonny Saksono 

Meski harus tutup usia pada 1972 lalu, nama Sonny Saksono tak mungkin dilupakan negeri ini. Jadi salah satu putra bangsa yang turut mengharumkan nama Indonesia, beliau sempat meraih podium peringkat kedua pada balapan GP Zaanvoort dengan Suzuki T500.

Cemerlangnya karir Sonny Laksono harus berakhir pada balapan di Sirkuit Prievidza saat usianya 26 tahun. Meski demikian performanya yang memukau dan selalu tampil percaya diri menjadikan ia salah satu legenda balapan Indonesia sepanjang masa.

Baca Juga:
Ada Egy hingga Syamsir Alam, Berikut 6 Pemain Indonesia yang Pernah Muncul di Game FIFA dan PES

Itu tadi deretan pembalap legendaris Indonesia yang bisa kami bagikan dalam artikel singkat ini. Tentu masih banyak nama lain, yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

(Kontributor: I Made Rendika Ardian)

Load More