Irwan Febri Rialdi
Jonatan Christie memenangi gelar BWF Tour pertamanya usai kalahkan Angus Ng Ka Long di final New Zealand Open 2019, Minggu (5/5/2019). [Humas PBSI]

Bolatimes.com - Hari Raya Imlek 2022 yang jatuh pada Selasa, (1/2/2022). Bertepatan pada hari ini, ternyata banyak atlet Indonesia keturunan Tionghoa yang kerap mengharumkan nama Tanah Air.

Siapa saja mereka?  Berikut deretan atlet keturunan Tionghoa yang raih prestasi untuk Indonesia.  

1. Rio Haryanto 

Rio Haryanto

Dimulai dari Atlet pebalap tampan bernama Rio Haryanto.  

Baca Juga:
Marah Dipermalukan Persiraja, Presiden Persija Ancam Cuci Gudang Pemain

Namanya bahkan sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.  Rio merupakan pembalap keturunan Tionghoa yang berhasil raih prestasi.  Bahkan sepak terjangnya berhasil menembus ajang bergengsi dunia.  

Pada tahun 2016, Rio berhasil sukses menembus ajang balap mobil dunia Formula One ( F1).  

Pria ini berhasil mengumandangkan lagu Indonesia Raya karena meraih kemenangan di ajang GP2.  

Baca Juga:
Komentari Postingan Sandy Walsh, Rekan Zlatan Ibrahimovic: Gas Terus!

Dikutip dari berbagai sumber, sejumlah prestasi diraih Rio Haryanto dari tahun 2015 hingga 2022 antara lain, juara Nasional Gokar kelas kadet, atlet Gokar junior terbaik, juara nasional Gokar, juara formula BMW Pasific 2009 dll

2. Susy Susanti 

Susy Susanti

Namanya akan selalu dikenang dan menggema seantero negeri.  Ya, dialah Susy Susanti.  

Prestasi gemilang yang diraih atlet Indonesia keturunan Tionghoa ini kala masih aktif menjadi pebulutangkis profesional tentu tak mudah dilupakan.  

Baca Juga:
Usung Misi Balas Dendam, Persebaya Ingin Bungkam PSIS Semarang

Julukan Ratu bulutangkis pun disematkan untuknya setelah meraih medali emas Olimpiade.  Segudang prestasi pernah diraih atlet kelahiran 11 Februari 1971 ini diantaranya Medali Emas Olimpiade Barcelona tahun 1992, Juara World Championship 1993, Juara All England 1990, Juara World Cup,  Juara World Badminton Grand Prix, Juara Sea Games,  Juara di beberapa negara yakni Malaysia, Jepang, Korea dll. 

3. Angelique Widjaja

Angelique Widjaja

Kemudian dari cabang olahraga Tenis, ada atlet bernama Angelique Widjaja. Ia menjadi salah satu atlet keturunan Tionghoa yang menyabet prestasi untuk Indonesia.  

Angelique sukses merebut gelar juara Wimbledon Junior pada tahun 2001. Kiprahnya kemudian berlanjut ke Prancis Open Junior dan lagi lagi gelar juara pun berhasil ia raih.

Baca Juga:
Pierre-Emerick Aubameyang Resmi Tinggalkan Arsenal

4. Lindswell Kwok 

Lindswell Kwok

Berikutnya dari cabang olahraga wushu ada nama atlet cantik Lindswell Kwok yang meraih kesuksesan di kancah Internasional.  Peraih medali emas di Asian Games 2018 ini kemudian mengumumkan pensiun dan menjadi mualaf hingga menikah dengan teman sesama atlet wushu.  

5. Chris John 

Chris John

Siapa yang tak kenal dengan Chris John?  Atlet tinju ini sukses meniti karirnya hingga membawa nama harum Indonesia dengan menyandang sabuk gelar juara dunia kelas bulu WBA pada 2004 - 2013.

6. Jonatan Christie 

Jonatan Christie

Terakhir ada keturunan pebulutangkis Tionghoa bernama Jonatan Christie.  Pebulutangkis tampan ini sukses membawa Indonesia menjadi juara Thomas Cup 2020. 

Jonatan Christie lahir pada tanggal 15 September 1997 dari pasangan Andreas Adi dan Marianti Djaja.

Deretan prestasi yang pernah diraih antara lain medali emas dalam Asian Games dan Sea Games, dua kali menjadi pemenang dalam BWF World Tur super 300, dua kali pemenang dalam BWF Internasional dan masih banyak lagi prestasi lain yang berhasil membawa harum negeri ini.

Kontributor: Ririn Septiyani

Load More