Rauhanda Riyantama
Pebasket Houston Rockets, James Harden. (EZRA SHAW / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Bolatimes.com - Seiring perkembangan zaman, olahraga bola basket terus mengalami perubahan dan inovasi, termasuk dalam hal lapangan bola basket.

Bola basket sendiri kini telah menjadi olahraga populer di dunia. Olahraga ini pertama kali ditemukan oleh Dr. James Naismith pada 1891.

Tujuan dari inovasi ini jelas untuk membuat olahraga bola basket lebih dikenal dan populer. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya NBA yang bikin bola basket makin mendunia.

Baca Juga:
Daftar Kekalahan Telak Para Pelatih, dari Klopp hingga Solskjaer

Menyoal lapangan, ukuran lapangan NBA dan standar FIBA nyatanya berbeda. Sementara di pertandingan-pertandingan internasional, lapangan bola basket dengan standar FIBA yang digunakan. Berikut penjelasan lapangan bola basket.

Lapangan Bola Basket

Lapangan bola basket berbentuk persegi panjang dengan dua standar ukuran, yakni panjang 28,7 meter dan lebar 15,2 meter untuk standar NBA.

Baca Juga:
Mengenal FIBA, Induk Organisasi Bola Basket Internasional

Sementara untuk standar FIBA, lapangan bola basket memiliki panjang 28 meter dan lebar 15 meter. Namun, baik NBA dan FIBA, di lapangan basket terdapat tiga buah lingkaran yang memiliki panjang jari-jari 1,8 meter.

FIBA juga menganjurkan warna putih atau warna kontras lainnya untuk garis lapangan dengan lebar 5 cm. Hal itu dimaksudkan agar para pemain bisa melihat jelas garis pembatas lapangan.

Untuk jarak lemparan bebas (free throw) yaitu 4,6 meter dan jarak tembakan tiga angka 6,6 hinga 6,75 meter. Untuk ukuran tiang basket standar FIBA adalah memiliki tinggi 3,05 meter yang dihitung dari bagian atas ring basket.

Baca Juga:
Hukuman Ditangguhkan, Lucas Hernandez Batal Dipenjara

Untuk ukuran ring basket yaitu memiliki diameter 450-459 mm, dengan ketebalan 16-20 mm, dan jarak terdekat ring dengan papan pantul adalah 151 mm.

Papan pantul di lapangan bola basket sendiri memiliki panjang papan 1.800 mm dengan toleransi 30 mm dan lebar papan 1.200 mm dengan toleransi 20 mm.

Sementara untuk ukuran jaring di ring basket adalah memiliki panjang 400-500 mm dengan 12 bagian jaring tergantung di ring. Untuk ring basket pun tidak boleh menggunakan bahan yang kaku.

Baca Juga:
Link Live Streaming French Open 2021, Minions dan The Daddies Tampil

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More