Rauhanda Riyantama
Ilustrasi main voli. (Pexels/Mark Musni)

Bolatimes.com - Jumlah pemain bola voli memiliki ketentuan yang sudah disepakati. Aturan mengenai jumlah pemain dalam sebuah regu atau tim bola voli ini juga telah ditetapkan oleh Federation Internationale de Volleyball (FIVB).

Induk organisasi bola voli dunia itu menetapkan bahwa masing-masing regu dalam permainan bola voli terdiri dari 10 pemain.

Jumlah ini terdiri dari enam pemain inti yang bermain di atas lapangan, sementara empat pemain lain duduk di bangku cadangan.

Baca Juga:
Melanggar Aturan, Cristiano Ronaldo Diminta Bongkar Lapangan Tenis Ilegal

Akan tetapi, aturan terbaru yang dirilis oleh FIVB pada tahun 2017-2020 menyebutkan bahwa setiap tim bisa diperkuat sampai 12 pemain.

Sebelumnya, perubahan aturan ini sudah disepakati dalam Kongres FIVB yang ke-35 pada tahun 2016 silam.

Perubahan peraturan ini terjadi karena pertandingan bola voli standar internasional berlangsung dalam lima set.

Baca Juga:
Boros! Solskjaer Habiskan Dana Rp 6 Triliun untuk Belanja Pemain Man United

Dengan demikian, jumlahnya jauh lebih banyak dari aturan sebelumnya. Meski demikian, jumlah pemain yang berlaga di atas lapangan tetap sama, yakni enam.

Terlepas dari jumlah enam pemain yang ditetapkan, sebuah pertandingan tetap bisa dilangsungkan serta dianggap sah apabila salah satu regu tak memenuhi jumlah itu.

Sebab, syarat minimal sebuah regu untuk bertanding ialah empat orang. Apabila jumlah minimum ini tak terpenuhi, maka wasit berhak menyatakan regu tersebut kalah.

Baca Juga:
Ukuran Lapangan Bola Voli sesuai Standar Internasional

Sementara itu, formasi di atas lapangan terdiri dari dua baris. Masing-masing barus terdiri dari tiga orang pemain.

Tiga pemain yang menempati area garis belakang bertugas untuk menyapu bola serangan lawan. Sementara itu, tiga orang lainnya berdiri di dekat net untuk menghalau serangan lawan.

Setiap pemain dalam sebuah regu memiliki posisi beserta dengan tugasnya masing-masing. Setidaknya, terdapat empat posisi penting dalam sebuah regu bola voli. 

Baca Juga:
Jemawa Tumbangkan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Ungkap Kelemahan Australia

Keempat posisi yang dimaksud tersebut yakni smasher/spiker, tosser, server dan libero. Smasher/spiker ialah pemain yang memiliki tugas untuk melancarkan smash keras.

Sementara itu, tosser adalah pemain yang mendapat tugas untuk mengatur serangan. Ia juga bertugas untuk memberikan umpan kepada smasher.

Sedangkan server adalah pemain yang memiliki tugas utama untuk melakukan servis, yaitu gerakan bola pertama untuk memulai sebuah permainan.

Yang terakhir, libero merupakan pemain yang memiliki tugas untuk menjaga area pertahanan dari serangan lawan.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More