Rauhanda Riyantama
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani saat menghadapi wakil Jerman, Ann-Kathrin Spori dalam laga perdana Grup A Piala Uber 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu (9/10/2021). [BWF/Badminton Photo].

Bolatimes.com - Dunia bulu tangkis Indonesia kembali mengukir prestasi di kancah dunia seusai Putri Kusuma Wardani, atau yang akrab disapa Putri KW, sukses menjuarai Czech Open 2021.

Putri KW yang tampil di nomor tunggal putri sukses naik podium juara Czech Open 2021 seusai menumbangkan pebulu tangkis asal Malaysia, Siti Nurshuhaini.

Dalam duel yang terselenggara di Brno, Republik Ceko, Minggu (24/10/2021) itu, Putri KW sukses menumbangkan Siti Nurshuhaini dua gim secara langsung dengan skor 21-16 dan 21-5.

Baca Juga:
Kirim Surat ke PSSI, Elkan Baggott: Saya Siap Membela Timnas Indonesia

Keberhasilan yang diraih oleh pebulu tangkis berusia 19 tahun itu kembali menambah daftar prestasinya di level senior. Sebab, sebelumnya ia sukses menjuarai Spain Masters 2021.

Atas hasil itu, peringkat Putri KW di jajaran klasemen tunggal putri dunia diprediksi bakal melonjak cukup drastis.

Saat ini, dia berada di peringkat 124 tunggal putri dunia BWF. Dengan tambahan 2500 poin karena menjuarai Czech Open 2021, Putri KW diprediksi melejit ke peringkat 103.

Baca Juga:
Man United Dibantai Liverpool, Solskjaer: Ini Titik Terendah Karier Saya

Profil Putri KW

Putri Kusuma Wardani, atau Putri KW, merupakan pebulu tangkis muda berbakat kelahiran Tangerang, Banten, 20 Juli 2002. Saat ini, usianya baru menginjak 19 tahun.

Putri KW mengawali perjalanan kariernya di dunia tepok bolo bersama PB Exist Jakarta. Di sana, dia sudah berlatih sejak 2018, atau ketika usianya baru 16 tahun.

Baca Juga:
Bawa Liverpool Menang Telak, Mohamed Salah Dianggap Serakah

Sejumlah gelar juara juga sukses diperoleh Putri KW bersama PB Exist, salah satunya yakni Superliga Junior 2018.

Kiprahnya itu turut mengantarkannya menjadi anggota tim nasional bulu tangkis Indonesia pada Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2018 dan Kejuaraan Dunia Junior BWF 2018.

Dari due kejuaraan itu, Putri KW bersama timnas Indonesia sukses meraih medali perunggu.

Baca Juga:
Sedang Berlangsung, Berikut Link Live Streaming Persipura Vs Barito Putera

Pada tahun yang sama, Putri KW yang masih berusia 16 tahun mencatatkan debutnya di kejuaraan senior, yakni Bangladesh International Challenge.  Sayangnya, dia harus tumbang dari pebulu tangkis asal Vietnam, Nguyen Thuy Linh.

Setahun berselang, atau tepatnya pada 2019, Putri KW sukses menjadi finalis Grand Prix Jaya Raya Junior International. Pada ajang itu, ia sukses meraih medali emas pertama seusai menumbangkan kompatriotnya, Maharani Sekar Batari.

Sementara itu, pada Kejuaraan Dunia Junior BWF 2019, Putri berhasil membantu tim Indonesia memenangkan Piala Suhandinata untuk kali pertama.

Pada kejuaraan tersebut, Putri KW dan kawan-kawan sukses menumbangkan China pada partai puncak.

Sementara itu, gelar juara pertamanya diraih saat tampil pada Spain Masters 2021, yakni ajang Super 300. Saat menjuarai gelaran itu, usianya baru menginjak 18 tahun.

Pada partai final Spain Masters 2021, pebulu tangkis masa depan Indonesia ini berhasil menumbangkan wakil Denmark, Line Christophersen.

Saat ini, Putri KW menjadi salah satu pebulu tangkis putri masa depan Indonesia. Karena usianya yang masih muda, dia digadang-gadang menjadi andalan dunia tepok bulu Indonesia di masa mendatang.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More