Arif Budi Setyanto
Elkan Baggot saat mengikuti TC Timnas Indonesia U-19. (Instagram/elkanbaggott)

Bolatimes.com - Bek keturunan Inggris-Indonesia, Elkan Baggott, akhirnya buka suara usai kabar yang menyebutkan dirinya menolak panggilan timnas mencuat.

Sebelumnya Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengklaim pihaknya sudah mencoba memanggil Elkan Baggott untuk beberapa kejuaraan, tapi tidak ada respons dari sang pemain.

"Kami sudah menghubungi Baggott beberapa kali, namun dia sepertinya tidak ingin membela Timnas Indonesia," kata Iriawan kepada awak media.

Baca Juga:
Man United Dibantai Liverpool, Solskjaer: Ini Titik Terendah Karier Saya

Merespons kabar tersebut, Elkan Baggott kemudian mengirimkan surat ke PSSI pada Sabtu (23/10/2021) lalu. Dalam surat itu, pemain Ipswich Town tersebut menjelaskan alasannya tak bisa ikut dalam pemusatan latihan di Dubai.

Kala itu, nama Elkan Baggott memang dipanggil Shin Tae-yong untuk ikut pemusatan latihan dan berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai Juni lalu.

Selain itu, Elkan Baggott menegaskan bahwa dirinya sudah siap untuk membela Timnas Indonesia lagi dan memberikan yang terbaik.

Baca Juga:
Bawa Liverpool Menang Telak, Mohamed Salah Dianggap Serakah

Di sisi lain, Mochamad Iriawan mengatakan sudah menerima surat dari Elkan. Dia menyebut alasannya sangat manusiawi dan akan memberikan kesempatan bagi sang pemain untuk bergabung ke timnas jika dibutuhkan pelatih.

"Kalau dari sudut pandang saya, membela tim nasional Indonesia itu adalah hak semua pemain. Kami sudah maafkan dirinya dan meminta dirinya untuk bergabung ke timnas Indonesia bila dibutuhkan oleh pelatih," kata Iriawan dikutip dari situs resmi PSSI pada Senin (25/10/2021).

Nah, berikut isi surat yang dikirimkan Elkan Baggott kepada pihak PSSI:

Baca Juga:
Sudah Tak Dibutuhkan, Marcelo Siap Akhiri Karier 14 Tahun di Real Madrid

Elkan Baggott kirim surat ke PSSI dan siap bela Timnas Indonesia. (Dok.PSSI)

Kepada Ketua Umum PSSI,

Pertama saya ingin mengucapkan minta maaf karena tidak bisa menghadiri pemusatan latihan di Dubai.

Alasannya untuk ini karena Pemerintah Inggris dan klub saya (Ipswich Town) menyarankan saya untuk tidak hadir karena situasi covid di Dubai buruk. Oleh karena itu, jika saya pergi saya akan merasa berisiko. Syukur saat ini situasi covid sudah lebih baik di Inggris dan Indonesia karena banyak orang sudah divaksikn.

Baca Juga:
Liverpool Bantai Manchester United, Jurgen Klopp Ogah Euforia

Saya sekarang sudah siap untuk membela dan memberikan semua untuk tim nasional demi membantu mencapai tempat yang seharusnya.

Semoga Anda bisa memahami alasan saya,
Elkan.

Load More