Rauhanda Riyantama
Petenis Indonesia, Jessy Rompies (kiri) dan Beatrice Gumulya mengibarkan bendera Merah-Putih sesuai mengalahkan petenis Thailand Peangtarn Plipuech dan Tamarine Tanasugarn dalam final ganda putri SEA Games 2019 di lapangan Rizal Memorial Tennis Center, Manila, Filipina, Sabtu (7/12). [Antara/Sigid Kurniawan]

Bolatimes.com - Tim Indonesia menjadi juara umum cabang olahraga tenis SEA Games 2019 Filipina yang berakhir Sabtu (7/12). Ini setelah mampu mendulang tiga dari lima emas yang dipertandingkan pada kejuaraan dua tahunan tersebut.

"Ini prestasi luar biasa karena bisa memenuhi target. Tadinya hanya dua emas yang ditargetkan dari nomor ganda campuran dan ganda putri, namun ada tambahan satu emas dari tunggal putri," kata Ketua PB Pelti Rildo Ananda Anwar di Manila, Sabtu (7/12/2019).

Emas Indonesia di Filipina dibuka oleh pemain tunggal putri Aldila Sutjadi. Di partai final, unggulan kedua itu mengalahkan wakil Vietnam, Nguyen Savanna Ly dengan skor 6-0 dan 7-5.

Baca Juga:
Indra Sjafri Siap Latih Timnas Indonesia Senior

Satu hari berikutnya emas diraih oleh ganda putri Beatrice Gumulya/Jessy Rumpies setelah dipartai final mengalahkan ganda putri Thailand, Tamarine Tanasugarn/Peangtarn Plipuech, dengan skor 6-3 dan 6-3.

Sedangkan emas ketiga dipersembahkan oleh pasangan ganda campuran yang sedang naik daun Aldila Sutjiadi/Chistopher Rungkat yang sukses mengalahkan pasangan senior Thailand, Sanchai Ratiwatana/Tamarine Tanasugarn dengan skor 4-6, 6-4, 10-8.

Petenis Indonesia Christopher Rungkat (kanan) dan Aldila Sutjiadi mengembalikan bola ke arah pasangan Thailand Sanchai Ratiwatana dan Tamarine Tanasugarn dalam babak final ganda campuran SEA Games 2019 di lapangan Rizal Memorial Tennis Center, Manila, Filipina, Sabtu (7/12). [Antara/Sigid Kurniawan]

Untuk dua emas tersisa direbut oleh petenis asal Vietnam dan satu lagi untuk tuan rumah Filipina.

Baca Juga:
Soal Blunder yang Berbuah Dua Gol, Indra Sjafri: Bukan Salah Pemain!

Tim tenis Indonesia selain meraih tiga emas juga mengumpulkan dua medali perunggu lewat Priska Nugroho dan pasangan Beatrice Gumulya/David Agung Susanto.

Petenis tunggal putri Indonesia Aldila Sutjiadi meraih medali emas SEA Games 2019 di lapangan Rizal Memorial Tennis Centre, Manila, Filipina, Jumat (6/12). [Dok. Pelti]

Pada babak final ganda campuran tenis SEA Games 2019, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono turut hadir memberikan semangat pada Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi.

"Alhamdulillah saya melihat perjuangannya cukup ketat dan cukup percaya diri. Syukurlah kita bisa mendapatkan medali emas dan menjadi juara di tenis," kata Basuki.

Baca Juga:
Enggan Takabur, Indra Sjafri Sebut Nama Allah usai Lolos ke Final SEA Games

Load More