Minggu, 17 November 2019
Galih Priatmojo : Kamis, 17 Oktober 2019 | 13:00 WIB

Bolatimes.com - Kabar buruk datang dari olahraga balap sepeda Indonesia. Pelatih Timnas Balap Sepeda Indonesia, Ferry Sonic terancam batal ikut di ajang SEA Games 2019 usai kedapatan membawa narkoba jenis sabu.

Ferry yang merupakan pelatih disiplin mountain bike (MTB), ditangkap polisi di sebuah hotel di kawasan Pulomas, Pulogadung, Jakarta Timur pada, Jumat (11/10/2019). Dia kedapatan membawa 0,2 gram sabu.

Chef de Mission (CdM) atau Kepala Kontingen Indonesia di SEA Games 2019, Harry Warganegara mengatakan, keikutsertaan Ferry di ajang SEA Games 2019 secara logika ditangguhkan.

Hal itu bila merujuk kasus hukum yang tengah menjerat sang pelatih.

"Kalau dia berurusan dengan hukum, dia kan otomatis tidak bisa aktif dalam pekerjaannya. Dia kan disebutnya sebagai ofisial," ujar Harry seperti dilansir dari Suara.com kemarin.

"Nanti kita lihat long list ofisial (Timnas balap sepeda), kalau ada pelatih lain, itu bisa digantikan. Tapi kalau tidak ada, kita tak bisa juga menukarnya dengan pelatih di luar longlist," sambungnya.

CdM Indonesia untuk SEA Games 2019, Harry Warganegara, di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

"Tapi kami pastikan, dari PB ISSI juga tidak akan terganggu persiapan ke SEA Games 2019. Jangankan ofisial, kalau ada atlet kita yang berhalangan pun kita harus bisa terus berjalan," beber Harry.

Sebagaimana diketahui, entry by name atau batas akhir pendaftaran atlet dan ofisial negara-negara peserta SEA Games 2019 telah berakhir pada, Senin (7/10/2019).

Indonesia telah mendaftarkan 670 atlet dan 281 ofisial. Mereka tersebar di 45 cabang olahraga yang resmi didaftarkan Indonesia ke SEA Games 2019.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB ISSI, Budi Saputra menyebut pihaknya tak akan mencari pengganti Ferry Sonic.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB ISSI, Budi Saputra. [Suara.com/Arief Apriadi]

"Tidak ada pengganti. Selama ini kita punya dua pelatih mountain bike. Salah satunya Bandi Sugito. Dia akan handle tim ini," kata Budi.