Irwan Febri Rialdi
Jordi Amat girang bukan kepalang usai mencetak gol indah bersama Timnas Indonesia (Instagram/PSSI)

Bolatimes.com - Liga Malaysia memang cuma menempati peringkat ketiga sebagai liga sepak bola termahal di Asia Tenggara. Tapi, mereka diisi oleh pemain-pemain dengan nilai pasar tinggi.

Liga Super Malaysia ditaksir punya nilai jual 53,74 juta euro atau setara Rp 898 miliar. Meski demikian, Johor Darul Takzim sebagai klub besar di Malaysia punya nilai pasar yang fantastis. Klub berjuluk Harimau Selatan itu ditaksir punya nilai pasar 8,90 juta euro.

Munculnya JDT sebagai klub dengan nilai pasar tertinggi tidak terlepas dari kemampuan finansial mereka yang kuat untuk mendatangkan pemain-pemain berkualitas.

Baca Juga:
Sempat Diisukan Bakal Dilepas, Elkan Baggott Justru Bantu Ipswich Town Menang di Laga Uji Coba Kontra Spartak Trnava

Lantas, siapa saja pemain termahal di Liga Malaysia?

1. Jordi Amat

Berdasarkan data Transfermarkt, di antara pemain-pemain yang sudah didaftarkan untuk Liga Malaysia 2023, nilai jual Jordi masih yang tertinggi, yakni 1 juta euro (RM4,67 juta).

Baca Juga:
Pecah Rekor, Seleksi Timnas Indonesia U-17 di Bali Diikuti 947 Pemain

Meski saat ini mengalami penurunan nilai pasar, Jordi Amat masih menjadi pemain termahal dengan market value sebesar 900 ribu euro atau setara Rp 15,64 miliar.

2. Fernando Forestieri

Masih dari Johor Darul Takzim, adalah sang penyerang mereka dari Italia, Fernando Forestieri, yang punya nilai pasar mencapai Rp 13,91 miliar.

Baca Juga:
5 Pelatih yang Out Paling Cepat selama Era Liga 1, Terbaru Ada Luis Milla

Nilai pasar yang tinggi itu berbanding lurus dengan kualitas Forestieri bersama JDT. Di Liga Malaysia 2023, pemain berusia 33 tahun itu mencetak 17 gol dan 9 assist.

3. Nurillo Tukhtasinov

Sama dengan Forestieri, gelandang serang milik Terengganu FC ini punya nilai pasar Rp 13,91 miliar. Ia didatangkan pada 10 Juli lalu dari klub Uzbekistan, Neftchi.

Baca Juga:
Ricuh Suporter di Laga Persik Kediri vs Arema FC, Erick Thohir Beri Ultimatum

Sebelum bergabung dengan Terengganu FC, Tukhtasinov mencatatkan 13 penampilan di Liga Uzbekistan dengan torehan 3 gol dan 2 assist.

4. Yohandry Orozco

Pemain asal Kolombia yang direkrut oleh Selangor FC pada 15 Februari 2023 lalu ini merupakan pemain termahal keempat di Liga Malaysia.

Saat ini harga pasarnya mencapai Rp 8,69 miliar. Bersama Selangor, pemain 32 tahun tersebut sudah menorehkan 5 assist dan 2 gol dari 16 pertandingan Liga Malaysia 2023.

5. Oscar Arribas

Pemain anyar JDT yang direkrut pada 8 Januari lalu dari FC Cartagena ini menempati peringkat kelima pemain termahal di Liga Malaysia.

Winger berusia 24 tahun tersebut sudah memainkan 13 pertandingan dengan torehan dua gol dan satu assist buat JDT.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More