Irwan Febri Rialdi
Pemain baru Arsenal, Declan Rice. (Instagram/@arsenal)

Bolatimes.com - Arsenal resmi menjadikan Declan Rice sebagai transfer termahal sepanjang sejarah klub usai mendatangkannya dari West Ham United.

The Gunners menggelontorkan duit sebesar 105 juta poundsterling atau lebih dari Rp 2 triliun untuk mendapatkan tanda tangan pemain berusia 24 tahun tersebut.

Selain menjadi rekrutan termahal Arsenal, Declan Rice juga memecahkan rekor transfer termahal pemain Britania sebelumnya yang dipegang Jack Grealish saat diboyong Manchester City dari Aston Villa dua tahun lalu.

Baca Juga:
Hasil Lengkap BRI Liga 1: Persik Kediri Hajar Arema FC, Bali United Petik Kemenangan Perdana

Harga fantastis yang rela dibayarkan oleh Arsenal ini tidak terlepas dari kebutuhan mereka akan pemain di lini tengah setelah Granit Xhaka hengkang ke Jerman.

Selain itu, Rice juga punya kualitas dan pengalaman level atas di usianya yang masih sangat muda. Oleh karena itu, Arsenal dikabarkan mengikat Rice dengan kontrak jangka panjang.

Di lain sisi, Rice bukan satu-satunya pemain termahal Arsenal. Berikut daftar transfer termahal sepanjang sejarah Arsenal selain Declan Rice:

Baca Juga:
Tampil Saling Menekan, Persis Solo Atasi Borneo FC dengan Skor 2-1

1. Nicolas Pepe

Pepe sempat menjadi transfer termahal Arsenal pada musim 2019/20 ketika didatangkan dari Lille dengan biaya mencapai 80 juta euro.

Namun Pepe sulit membuktikan kualitas terbaiknya dengan hanya mencetak 27 gol dan 21 assist dari 112 pertandingan lintas ajang.

Baca Juga:
Hujan Gol, Persik Kediri Bantai Arema FC 5-2

Musim lalu, ia dipinjamkan ke Olympique Nice dan kini kembali ke Arsenal. Jika tak mampu mencuri tempatnya, Pepe besar kemungkinan dilepas mengingat kontraknya hanya sampai musim panas 2024.

2. Kai Havertz

Sebelum Declan Rice, Arsenal lebih dulu membuat rekor transfer untuk mendatangkan Kai Havertz dari Chelsea dengan biaya 70 juta euro.

Baca Juga:
Bali United Petik Kemenangan Perdana di Liga 1 2023/2024, Sikat Madura United 2-1

Havertz yang tidak terlalu menonjol bersama Chelsea, diharapkan bisa menjadi sosok penting di lini serangan Arsenal musim depan.

3. Pierre-Emerick Aubameyang

Di posisi keempat pemain termahal Arsenal ada Aubameyang yang didatangkan pada musim 2017/18 dari Borussia Dortmund dengan biaya 63,75 juta euro.

Aubameyang langsung menjadi sosok penting dengan selalu mencetak lebih dari 20 gol setiap musim. Namun di musim 2020/21 ia mengalami penurunan performa dan ada masalah dengan Mikel Arteta.

Akibatnya Aubameyang dilepas dengan bebas transfer pada 2022.

4. Ben White

Ben White menjadi bek termahal yang pernah diboyong oleh Arsenal. Ia didatangkan pada musim 2021/22 dari Brighton & Hove Albion dengan biaya 58,5 juta euro.

Sejak didatangkan Ben White langsung menjadi andalan di lini belakang Arsenal. Selama dua musim membela Meriam London, White sudah mencatatkan 83 laga di semua ajang.

5. Declan Rice

The Gunners menggelontorkan duit sebesar 105 juta poundsterling atau lebih dari Rp 2 triliun untuk mendapatkan tanda tangan pemain berusia 24 tahun tersebut.

Selain menjadi rekor klub, pembelian Rice juga memecahkan rekor transfer termahal pemain Britania.

Sebelumnya rekor ini dipegang oleh Jack Grealish saat diboyong Manchester City dari Aston Villa dua tahun lalu.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More