Rauhanda Riyantama
Manchester City juara Liga Champions usai mengalahkan Inter Milan 1-0. (Twitter)

Bolatimes.com - Manchester City juara Liga Champions 2022/2023 usai mengalahkan Inter Milan dengan skor tipis 1-0 dalam laga final di Attaturk Olympic Stadium, Istanbul, Turki, Minggu (11/6/2023) dini hari WIB.

Gol tunggal Manchester City ke gawang Inter Milan di laga tersebut dicetak oleh Rodri di menit 68. Gelar ini merupakan trofi pertama The Citizens di ajang Liga Champions, dan menjadi gelar ketiganya di musim ini yang sebelumnya juara di kancah domestik yakni Liga Inggris dan Piala FA.

Tempo permainan terbilang lambat di babak pertama, Manchester City dan Inter Milan sama-sama mengawali laga dengan hati-hati.

Baca Juga:
Menang Dramatis atas PSM Makassar, Bali United ke Babak Kualifikasi Liga Champions Asia

Hingga laga berjalan 20 menit, City masih kesulitan untuk mengembangkan permainan. Sementara Inter yang sukses mengganggu lini tengah The Citizens mulai intens menebar ancaman.

Perlahan tapi pasti, tim besutan Pep Guardiola mulai menemukan ritme. Peluang pertama pun mereka dapatkan di menit 26.

Lepas dari jebakan offside, Erling Haaland yang menerima sodoran bola dari Kevin de Bruyne melepaskan tendangan keras dari sudut sempit. Bola mengarah tepat ke gawang namun berhasil dibendung kiper Inter Andre Onana.

Baca Juga:
Lionel Messi Dikabarkan Tak Datang ke Indonesia, Presiden AFA Pernah Bilang Begini

Memasuki menit 28, giliran Kevin de Bruyne yang mendapat peluang. Mendapat ruang tembak, winger Belgia itu melepaskan tendangan keras.

Sayangnya bola berbelok setelah mengenai bada Hakan Calhanoglu dan mengarah tepat ke Onana.

Tujuh menit berselang pergantian pemain pertama di laga ini terjadi. De Bruyne ditarik keluar di menit 35 akibat cedera hamstring dan digantikan Phil Foden.

Baca Juga:
Viral Jurnalis Argentina Sebut Lionel Messi Tak Ikut ke Indonesia, Cuma Main Lawan Australia

Di 10 menit terakhir babak pertama, tekanan demi tekanan dilancarkan City. Akan tetapi hingga turun minum skor kacamata tidak berubah.

Berbeda dengan awal babak pertama, kedua tim mengawali babak kedua dengan tempo cepat. Jual beli serangan terjadi meski belum membuahkan hasil.

Memasuki menit 56 pelatih Inter Milan Simone Inzaghi melakukan pergantian pemain. Edin Dzeko ditarik keluar, digantikan oleh Romelu Lukaku.

Baca Juga:
Link Live Streaming Manchester City vs Inter Milan di Final Liga Champions

Di menit 58 Inter Milan mendapat peluang emas setelah bek City Manuel Akanji melakukan kesalahan dalam membaca situasi sehingga bola direbut Lautaro Martinez.

Namun sayang, peluang tersebut kandas, Martinez yang sudah berhadapan one on one dengan Ederson gagal menaklukkan penjaga gawang asal Brasil tersebut.

City akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit 68. Menyambut bola liar, Rodri melepaskan tendangan keras yang bersarang di sisi kiri gawang Onana. Man City memimpin 1-0.

Tertinggal satu gol, Inter langsung bereaksi. Dua menit berselang, Nerazzurri nyaris menyeimbangkan kedudukan jika saja tandukkan Dimarco tidak mentahkan tiang gawang dan percobaan keduanya tidak membentur kaki Lukaku.

Di menit 72, Inter kembali menebar ancaman. Lolos dari kawalan, Lukaku melepaskan sepakan dari sisi kanan. Sayang tendangannya terlalu lemah dan bola dengan mudah diantisipasi Ederson.

City nyaris menggandakan keunggulan di menit 77. Beruntung bagi Inter, arah bola hasil sontekan Phil Foden terbaca dengan baik oleh Onana.

Peluang emas didapat Inter dua menit jelang berakhirnya waktu normal pertandingan. Berdiri bebas tidak terkawal, Lukaku yang berada di depan gawang menyundul bola ke arah tengah, namun peluang tersebut kandas. Bola mengenai kaki Ederson.

Hingga laga usai, skor 1-0 untuk keunggulan Manchester City tetap bertahan. City juara Liga Champions musim ini.

Susunan Pemain

Manchester City (3-2-4-1):

Ederson; Manuel Akanji, Ruben Dias, Nathan Ake; John Stone, Rodri; Bernardo Silva, Kevin De Bruyne, Ilkay Gundogan, Jack Grealish; Erling Haaland.

Inter Milan (3-5-2):

Andre Onana; Alessandro Bastoni, Francesco Acerbi, Matteo Darmian; Federico Dimarco, Hakan Calhanoglu, Marcelo Brozovic, Nicolo Barella, Denzel Dumfries; Lautaro Martinez, Edin Dzeko.

Load More