Irwan Febri Rialdi | Syaiful Rachman
Manchester City vs Inter Milan. (Dok. UEFA)

Bolatimes.com - Fakta menarik terjadi menjelang duel Manchester City dan Inter Milan di partai final Liga Champions yang akan digelar di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, Turki, Minggu (11/6/2023) dini hari WIB.

Sebagaimana diketahui, Manchester City mengantongi catatan yang lebih baik dari Inter Milan di Liga Champions musim ini.

Manajer Manchester City Pep Guardiola (kiri) berbicara dengan striker Erling Haaland (tengah) dan gelandang Rodri selama pertandingan lanjutan Liga Inggris 2022-2023 antara Manchester City vs West Ham di Stadion Etihad di Manchester, barat laut Inggris , pada 3 Mei 2023.Oli SCARFF/AFP.

Dalam perjalanannya menuju final, Manchester City tidak terkalahkan. Tim besutan Josep Guardiola menorehkan tujuh kemenangan dan lima hasil imbang.

Baca Juga:
Incar Sejak Lama, Persis Solo Resmi Gaet Eks Gelandang Serang JDT Moussa Sidibe

Sementara Inter Milan, dari fase grup hingga final, tim asuhan Simone Inzaghi membukukan tujuh kemenangan, tiga imbang dan dua kali tumbang.

Dari segi torehan gol City juga unggul. The Citizens mengemas 31 gol dan hanya kebobolan lima kali dari 12 laga yang mereka lakoni.

Sedangkan Inter Milan mengemas 19 gol dengan kebobolan sebanyak 10 kali.

Baca Juga:
Profil Timnas Papua Nugini, Negara Peringkat 159 Dunia yang Jadi Lawan Malaysia di FIFA Matchday

Berikut sembilan fakta menarik jelang final Liga Champions antara Manchester City vs Inter Milan.

1. Ini akan jadi pertemuan perdana Manchester City dan Inter Milan di kompetisi Eropa dengan kedua tim langsung bertemu di partai puncak Liga Champions.

2. Ini akan jadi final yang kedua di Liga Champions buat Manchester City sepanjang sejarah klub. The Citizens kalah di final pertama (0-1 vs Chelsea 2020/2021).

Baca Juga:
Intip Jadwal Lionel Messi Debut Bersama Inter Miami

3. Pelatih Manchester City, Pep Guardiola mengincar gelar Liga Champions ketiganya usai sebelumnya membawa Barcelona kampiun pada 2009 dan 2011 sebagai juru taktik.

4. Manchester City belum terkalahkan di Liga Champions musim ini (M7, S5), dengan menggelontrokan 31 gol dan hanya kebobolan 5 kali.

5. Striker Manchester City, Erling Haaland adalah top skor sementara Liga Champions musim ini dengan 12 gol.

Baca Juga:
Kisah Reebal Dahamshi, Striker Palestina yang Dibawa ke Indonesia Ternyata Orang Israel

6. Inter Milan mencetak 19 gol di Liga Champions musim ini hingga final, dengan pencetak gol terbanyak mereka adalah striker Edin Dzeko dengan 4 gol.

7. Inter Milan sebelumnya sudah lima kali masuk final Piala / Liga Champions, di mana mereka tiga kali juara dan dua kali jadi runner-up.

8. Inter Milan mencatatkan 8 clean sheet dalam 11 laga terakhirnya di Liga Champions, termasuk 5 clean sheet dalam enam laga di fase gugur musim ini. Namun, Inter sudah kebobolan total 10 gol, dua kali lipat dari angka kebobolan Manchester City.

9. Sebelum ini, baru ada empat final Inggris vs Italia di Piala / Liga Champions, yang semuanya melibatkan Liverpool; rekornya seimbang 2-2 (Liverpool 1-1; penalti 4-2 vs AS Roma 1984, Liverpool 0-1 vs Juventus 1985, Liverpool 3-3; penalti 3-2 vs AC Milan 2005, Liverpool 1-2 AC Milan 2007).

Load More