Rauhanda Riyantama
Jamie Vardy terlihat lesu usai Leicester City terdegradasi ke Divisi Championship musim depan. (AFP)

Bolatimes.com - Premier League atau Liga Inggris musim 2022/2023 telah selesai setelah menggelar laga pekan ke-28 pada Senin (29/5/2023) dini hari WIB. Hasilnya, Leicester City dipastikan terdegradasi, sementara Tottenham Hotspur gagal mentas di kompetisi Eropa.

Di papan atas, sang juara, Manchester City yang melakukan rotasi pemain tumbang 0-1 di markas Brentford. Gol telat tim tuan rumah dicetak Ethan Pinnock pada menit ke-85.

Sementara itu, runner-up Arsenal menutup musim dengan hasil impresif. Menjamu Wolves di Stadion Emirates, The Gunners menang telak 5-0. Buka Saka mengemas brace untuk Arsenal di laga ini.

Baca Juga:
Media Vietnam Sewot Timnas Indonesia U-22 Tak Dihukum usai Ribut di Final SEA Games 2023

Pada laga lainnya yang dimainkan berbarengan, Manchester United menang tipis 2-1 atas Fulham di Old Trafford. Sementara itu, Newcastle United tertahan 1-1 di markas Chelsea.

Manchester United finis di peringkat ketiga klasemen akhir dengan koleksi 75 poin, sementara Newcastle ada di posisi empat dengan 71 poin.

Liverpool, yang finis di peringkat kelima dan hanya akan tampil di Liga Europa musim depan, bermain imbang 4-4 dalam laga sengit di markas tim peringkat buncit Southampton. The Reds mengoleksi 67 poin di klasemen akhir, terpaut empat angka dari empat besar.

Baca Juga:
Kongres Biasa PSSI 2023, Erick Thohir Tekankan 3 Hal, Salah Satunya Target Timnas Indonesia

Brighton, yang mengakhiri musim di zona Liga Europa di peringkat enam, takluk 1-2 di kandang Aston Villa. Villa sendiri mendapat reward lolos ke Liga Conference musim depan berkat kemenangan vital ini.

Villa asuhan pelatih Unai Emery finis di peringkat ketujuh dengan 61 poin dari 38 laga.

Sementara itu, Tottenham gagal lolos ke kompetisi Eropa musim depan meski menang telak 4-1 di kandang Leeds United pada pekan terakhir ini.

Baca Juga:
Mantan Kiper Inter Milan Gabung Persita Tangerang, Ada Campur Tangan Erick Thohir

Karena kemenangan Villa, Tottenham hanya finis di urutan delapan dengan raihan 60 angka dari 38 pertandingan.

Beralih ke papan bawah, Leicester City dan Leeds akhirnya dipastikan terdegradasi ke Divisi Championship musim depan usai masing-masing finis di peringkat 18 dan 19.

Leicester di kandangnya sebenarnya menang 2-1 atas West Ham United, namun di laga lainnya tim peringkat ke-17, Everton juga menang 1-0 lawan Bournemouth di Goodison Park.

Baca Juga:
Hasil Uji Coba: Persebaya Surabaya Tampil Meyakinkan, Hajar Bali United 3-1

Sementara Leeds yang butuh kemenangan justru tampil sangat buruk dan dibantai 1-4 oleh Tottenham di Elland Road.

Everton aman dari jerat degradasi usai finis di posisi 17 dengan 36 poin dari 38 laga, sementara Leicester (34 poin) dan Leeds (31 poin) harus turun kasta menyusul Southampton.

Hasil Liga Inggris Pekan ke-38:

Brentford 0-1 Manchester City

Arsenal 5-0 Wolves

Manchester United 2-1 Fulham

Chelsea 1-1 Newcastle United

Crystal Palace 1-1 Nottingham Forest

Aston Villa 2-1 Brighton

Everton 1-0 Bournemouth

Leeds United 1-4 Tottenham Hotspur

Leicester City 2-1 West Ham United

Southampton 4-4 Liverpool

Load More