Rauhanda Riyantama
Selebrasi pemain Newcastle United usai bobol gawang Tottenham. (AFP)

Bolatimes.com - Newcastle United berhasil memetik kemenangan telak atas Tottenham Hotspur dengan skor 6-1 pada pekan ke-32 Liga Inggris di Stadion St. James Park, Minggu (23/4/2023).

Pada babak pertama, Newcastle sudah unggul 5-0 lewat gol yang dicetak oleh Jacob Murphy (2', 9'), Joelinton (6') dan Alexander Isak (19', 21').

Tottenham berhasil memperkecil ketertinggalan lewat Harry Kane yang memanfaatkan umpan Pierre-Emile Hojbjerg pada menit ke-49 sebelum Newcastle kembali memperlebar keunggulan melalui Callum Wilson di menit ke-67.

Baca Juga:
Link Live Streaming Brighton vs Manchester United di Semifinal Piala FA Malam Ini

Kemenangan ini membuat Newcastle United menggeser posisi Manchester United. The Magpies kini menduduki urutan ketiga klasemen dengan koleksi 59 poin dari 31 laga, setara dengan Setan Merah yang baru tampil 30 kali.

Di sisi lain, kekalahan ini membuat The Lilywhites --julukan Tottenham Hotspur-- tertahan di urutan keenam klasemen dengan koleksi 53 poin dari 32 pertandingan alias cuma unggul tiga poin dari Liverpool di urutan ketujuh.

Jalannya Pertandingan

Baca Juga:
Pemain Indonesia Usman Diaraa Catatkan Debut di Liga Taiwan, Bawa Timnya Petik Poin

Newcastle United sudah unggul ketika pertandingan baru berjalan dua menit. Joelinton melepaskan sebuah tembakan ke arah sudut kanan bawah gawang setelah melakukan dribble solo memukau tetapi usahannya masih bisa ditepis Hugo Lloris.

Jacob Murphy kemudian menyambar bola rebound masuk ke sudut kanan atas gawang yang tak lagi bisa diantisipasi mantan kiper Timnas Prancis tersebut.

Empat menit berselang, Fabian Schar mengirim sebuah crossing akurat ke dalam kotak penalti. Joelinton menyambut umpan tersebut dan memasukkan bola ke sudut kanan bawah gawang untuk membawa Newcastle unggul 2-0.

Baca Juga:
Efek Marselino Ferdinan, Media Vietnam Pandang Timnas Indonesia U-22 Lawan Terkuat di SEA Games 2023

Jacob Murphy kembali mencaatkan namanya tiga menit berselang. Dia dengan cepat menyambar bola rebound untuk melepaskan tembakkan yang sejatinya cukup jauh dari gawang.

Sepakkan spekulasi itu sangat mencengangknan, bola berhasil masuk ke sudut kiri atas gawang guna membawa tim asuhan Eddie Howe unggul 3-0.

Tottenham yang tersentak tidak tinggal diam. Harry Kane mengancam gawang Newcastle pada menit ke-13 tetapi tembakkannya dari dalam kotak penalti cuma meleset tipis di sisi kiri gawang.

Baca Juga:
Mohammad Ahsan Sembuh dari Cedera, Siap Tempur di BAC 2023

Usaha gagal Tottenham langsung mendapat hukuman berat. Pada menit ke-19, Newcastle lagi-lagi merobek gawang Hugo Lloris.

Sebuah bola terobosan dari Joe Willock menjadi umpan bagus untuk Alexander Isak. Striker Swedia itu melepaskan tembakkan dari dalam kotak penalti untuk mengubah skor menjadi 4-0.

Lebih gila, Newcastle langsung mencetak gol kelima dua menit berselang. Sean Longstaff mengumpan pada Alexander Isak di dalam kotak penalti dan dia menembakkan bola ke arah sudut kiri bawah dan bola berhasil masuk setelah melewati Hugo Lloris.

Laga berlangsung alot setelahnya. Tottenham Hotspur yang saat ini dipimpin caretaker atau pelatih interim Cristian Stellini coba menjaga semangat dengan tetap melancarkan upaya mencetak gol meski sudah tertinggal begitu jauh.

Newcastle terus dibuat berada dalam tekanan hingga babak pertama berakhir yang menunjukkan skor 5-0 untuk keunggulan tim tuan rumah.

Di babak kedua, Tottenham memperkecil ketertinggalan saat laga berjalan empat menit. Harry Kane mencatatkan namanya di papan skor guna mengubah skor menjadi 5-1 usai memanfaatkan umpan Hojbjerg.

Namun, Newcastle yang kadung di atas angin mampu merestorasi keunggulan dengan marjin lima gol melalui gol Callum WIlson di meniut ke-67 guna mentup kemenangan dengan skor 6-1.

Susunan Pemain Newcastle United vs Tottenham Hotspur

Newcastle United (4-3-3): Nick Pope; Kieran Trippier, Fabian Schar, Sven Botman, Dan Burn; Sean Longstaff, Bruno Guimaraes, Joe Willock; Jacob Murphy, Alexander Isak, Joelinton.

Tottenham Hotspur (3-4-3): Hugo Lloris; Cristian Romero, Eric Dier, Pape Sarr; Pedro Porro, Oliver Skipp, Pierre-Emile Hojbjerg, Ivan Perisic; Dejan Kulusevski, Harry Kane, Son Heung-Min.

Load More