Rauhanda Riyantama | Arief Apriadi
Aksi Harry Kane saat Inggris kalahkan Italia 2-1 di Kualifikasi Euro 2024. (AFP)

Bolatimes.com - Hasil kualifikasi Euro 2024 semalam, Jumat (24/3/2023) dini hari WIB yang menyajikan rangkaian matchday pertama fase grup. Inggris menang tipis Italia sedangkan Portugal pesta gol ke gawang Liechtenstein.

Timnas Inggris untuk kali pertama sejak 1961 berhasil mengalahkan Italia ketika bermain di laga tandang. Mereka menang 2-1 dalam pertandingan Grup C di Stadion Diego Armando Maradona, Naples, Italia.

Inggris langsung memimpin dua gol di babak pertama lewat gol Declan Rice dan Harry Kane sebelum Italia membalas satu gol melalui Mateo Retegui, sebagaimana dilansir dari Antara.

Baca Juga:
Momen Marselino Cetak Gol dan Assist yang Bawa KMSK Deinze Raih Kemenangan

Kemenangan ini membuat Inggris memuncaki Grup C dengan torehan tiga poin, sementara itu Italia menempati peringkat lima.

Inggris membuka keunggulan pada menit ke-13. Berawal dari sepak pojok, bola rebound di kotak penalti langsung disambar Declan Rice yang tidak dapat ditangkap kiper Gianluigi Donnarumma.

Dalam posisi tertinggal, Italia kesulitan untuk menebar ancaman ke pertahanan Inggris. Kalvin Phillips bisa mengancam Azzurri pada menit ke-31 lewat tembakan dari luar kotak penalti, tetapi arah bola hanya melenceng tipis dari gawang Donnarumma.

Baca Juga:
Video Marselino Ferdinan Cetak Gol Debut Bersama KMSK Deinze, Top!

Selebrasi Declan Rice usai cetak gol saat Inggris kalahkan Italia 2-1 di Kualifikasi Euro 2024. (AFP)

Inggris mendapatkan hadiah penalti karena Di Lorenzo melakukan handball setelah dicek melalui VAR. Harry Kane maju sebagai eksekutor dan sukses membawa Inggris memimpin 2-0 pada menit ke-44.

Gol ini sekaligus membuat Harry Kane memecahkan rekor Wayne Rooney sebagai pencetak gol terbanyak timnas Inggris sepanjang sejarah.

Selepas jeda istirahat, Italia mencoba menekan Inggris dan menciptakan beberapa peluang untuk mengejar ketertinggalan. Usaha tuan rumah akhirnya berbuah gol pada menit ke-56 lewat gol Mateo Retegui.

Baca Juga:
Marselino Ferdinan Cetak Gol Debut untuk KMSK Deinze, Netizen Heboh

Inggris harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-80 setelah Luke Shaw diganjar kartu kuning kedua karena melanggar Retegui. Kartu kuning pertama Shaw didapat dua menit sebelumnya karena mengulur waktu saat lemparan ke dalam.

Italia gagal memanfaatkan keunggulan pemain untuk mencetak gol kedua. Inggris mampu mempertahankan keunggulan 2-1 mereka hingga pertandingan selesai.

Portugal Bantai Liechtenstein 4-0, Cristiano Ronaldo Jadi Bintang

Baca Juga:
Shin Tae-yong Nanya Siapa yang Tidak Puasa, Saddil Ramdani yang Angkat Tangan Bikin Riuh Timnas Indonesia

Di laga lain, Timnas Portugal sukses melibas Liechtenstein empat gol tanpa balas dalam pertandingan Grup J di Estadio Jose Alvalade, Lisbon, Portugal.

Cristiano Ronaldo mencetak dua gol di laga ini sekaligus mencatat rekor baru. Dua gol lainnya dicetak oleh Joao Cancelo dan Bernardo Silva.

Hasil ini membuat Portugal sementara memimpin klasemen Grup J dengan 3 poin, unggul selisih gol dari Bosnia-Herzegovina yang mengalahkan Islandia 3-0. Liechtenstein menempati posisi juru kunci.

Portugal membuka skor saat pertandingan baru berjalan delapan menit. Bermula dari tendangan sepak pojok, tembakan jarak jauh Joao Cancelo mengenai Lars Traber dan Ronaldo sebelum gagal ditepis sempurna oleh kiper Benjamin Buchel. Gol tersebut tercatat atas nama Cancelo. Hasil 1-0 bertahan hingga turun minum.

Portugal berhasil menambah keunggulan mereka saat babak kedua baru berjalan dua menit. Bernardo Silva mencatatkan namanya di papan skor.

Umpan silang Cancelo diblok lawan, tetapi bola rebound di kotak penalti disambut Silva dengan sempurna. Kedudukan menjadi 2-0.

Cristiano Ronaldo cetak dua gol saat Portugal lumat Liechtenstein 4-0 di Kualifikasi Euro 2024. (AFP)

Pada menit ke-50, Portugal mendapatkan hadiah penalti setelah Cancelo dijatuhkan di kotak terlarang. Ronaldo maju sebagai algojo dan melepaskan sepakan keras ke sudut kiri bawah. Liechtenstein tertinggal tiga gol.

Ronaldo mencetak gol keduanya pada menit ke-63 lewat tendangan bebasnya ke sudut kanan atas gawang Buchel. Kedudukan menjadi 4-0.

Portugal terus mendominasi. Hingga memasuki 10 menit akhir, Liechtenstein hanya mencatatkan 1 shot on target.

Tidak ada gol tambahan hingga akhir laga. Skor 4-0 untuk kemenangan Portugal.

Ini juga kemenangan perdana pelatih Roberto Martinez bersama timnas Portugal sejak ditunjuk pada Januari lalu untuk menggantikan Fernando Santos.

Hasil Kualifikasi EURO 2024 Tadi Malam, Jumat (24/3/2023) Dini Hari WIB

  • Kazakhstan 1-2 Slovenia
  • Bosnia & Herzegovina 3-0 Islandia
  • Denmark 3-1 Finlandia
  • Italia 1-2 Inggris
  • Makedonia Utara 2-1 Malta
  • Portugal 4-0 Liechtenstein
  • San Marino 0-2 Irlandia Utara
  • Slovakia 0-0 Luksemburg

Klasemen Kualifikasi EURO 2024

Klik di sini

Load More