Galih Prasetyo
Barcelona vs Manchester United leg pertama babak playoff Liga Europa (uefa.com)

Bolatimes.com - Barcelona vs Manchester United jadi bigmatch leg pertama babak play off Liga Europa. Partai Barcelona vs Manchester United bakal berlangsung di Camp Nou, Jumat (17/2/2023) dinihari WIB.

Pertemuan kedua tim memang bak final kepagian Liga Europa. Pertarungan sengit bakal ditujukan pemain kedua tim. Apalagi keduanya sama-sama raih kemenangan di kompetisi lokal.

Barcelona kalahkan Villarreal dengan skor 1-0 di LaLiga Spanyol, sementara Manchester United menang 2-0 atas Leeds United di Liga Inggris.

Baca Juga:
5 Janji Manis Investor Qatar jika Beli Manchester United, Termasuk Renovasi Total Old Trafford

Pertemuan Barcelona vs Manchester United juga menjadi adu taktik antara dua pelatih muda, Xavi melawan Erik ten Hag. Keduanya dikenal sebagai pelatih yang memiliki filosofi permainan yang berbeda.

Menarik untuk menanti pertarungan kedua tim pada dinihari nanti. Sebelum itu, berikut sejumlah data, fakta dan catatan menarik Barcelona vs Manchester United yang dirangkum BolaTimes:

- Manchseter United hanya mampu menang 3 kali atas Barcelona dan telan 6 kali kalah serta 4 laga lainnya berakhir imbang.

Baca Juga:
Edison Azcona Anak Didik Legenda Manchester United yang Main di Piala Dunia U-20 Indonesia

- Pertemuan pertama kedua tim terjadi pada 7 Maret 1984 di kompetisi Piala Winners. Saat itu Barcelona hantam Manchester United dua gol tanpa balas.

- Pertandingan terakhir kedua tim terjadi di ajang Liga Champions pada 16 April 2019, Red Devils dipecundangi 0-3 oleh Blaugrana.

- Kemenangan terbesar Manchester United atas Barcelona terjadi pada 21 Maret 1984 di ajang Piala Winners. United menang 3-0 saat itu.

Baca Juga:
Deretan Pemain Top yang Gagal Tampil di Piala Dunia U-20 2023, Ada Wonderkid Manchester United

- Sementara kemenangan terbesar Barcelona tercipta pada 2 November 1994 di ajang Liga Champions. Barca menang telak 4-0 atas United.

- Dua kali laga Barcelona vs Manchester United berakhir imbang 3-3, pertama pada 16 September 1998 dan kedua pada 25 November 1998.

- Sepanjang sejarah pertemuan, Barcelona mencetak 23 gol ke gawang Manchester United dak kebobolan 15 gol.

Baca Juga:
Gagal Tampil di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, Wonderkid Manchester United Bakal Perpanjang Kontrak

- Manchester United telah mencetak gol dalam lima pertandingan Liga Europa berturut-turut pada musim ini.

- Barcelona memiliki lima pertandingan kandang tak terkalahkan, menang 4 kali dan imbang sekali di semua kompetisi.

- Barcelona mencetak 9 gol dan 1 gol, pada enam pertandingan terakhir, anak asuh Xavi mencetak gol di babak pertama, sisa dua gol diukir di babak kedua.

- Sementara Manchester United selalu gagal mencetak gol di babak pertama. United mencetak 14 gol dan kebobolan 4 kali.

- Erik ten Hag belum pernah menghadapi Barcelona. Namun ia tercatat pernah hadapi 4 tim Spanyol, Real Madrid, Getafe, Real Sociedad dan Valencia (4 kali menang dan 4 kali kalah).

- Xavi Hernandez belum pernah head to head dengan Manchester United ataupun klub Liga Inggris.

Load More