Irwan Febri Rialdi
Ciro Alves cetak dua gol saat Persib Bandung kalahkan Barito Putera 5-2 di Liga 1 2022. (Dok. Persib)

Bolatimes.com - Moncernya Ciro Alves di skuad Persib Bandung asuhan Luis Milla bukan hal yang mengejutkan, pengalamannya bermain di level atas sepak bola Brasil jadi salah satu alasannya.

Dua gol Ciro Alves ke gawang PSS Sleman membawa Persib Bandung kembali ke puncak klasemen sementara Liga 1 2022 sekaligus membawa semarak para suporter di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Performanya sempat menurun di awal musim 2022-2023, namun Luis Milla tak butuh waktu lama memolesnya kembali menjadi striker tajam mematikan.

Ditopang dengan pengalaman menakjubkan di level teratas kompetisi sepak bola Brasil, Ciro juga sosok yang sempat menimba ilmu sepak bola bersama sederet nama terkenal.

Lantas siapa saja para pemain dunia yang pernah menjadi rekan satu tim Ciro Alves? berikut ini di antaranya.

1. Diego Cavalieri

Kiper ternama Brasil yang pernah merumput di Liga Inggris dan membela sederet klub besar, termasuk Liverpool dan Crystal Palace.

Cavalieri juga pernah bermain di Liga Italia bersama Cesana, sebelum pulang ke kampung halaman dan membela Fluminense pada 2011.

Diikuti Ciro Alves yang bergabung pada Mei 2011, Cavalieri mencatat 229 penampilan selama tujuh tahun membela Fluminense.

2. Deco Souza

Deco termasuk pemain ternama Portugal, namanya melambung saat bermain untuk FC Porto, kemudian Barcelona hingga berakhir di Chelsea.

Pada 2010, Deco memutuskan pindah ke Fluminense setelah kontraknya tak diperpanjang Chelsea, saat di Fluminense ia memiliki hubungan sangat baik dengan Ciro.

Keduanya sukses memberi gelar juara Liga Brasil dua musim berturut, tentunya bukan sembarang prestasi yang mudah ditorehkan.

3. Frederico Chaves Guedes

Dikenal dengan nama Fred, menghabiskan empat tahun bersama salah satu raksasa Liga Prancis, Olympique Lyon dan baru pada 2009 bergabung Fluminense.

Sempat menjadi andalan lini serang Fluminense berduet dengan Ciro, hingga kini Fred masih berseragam Fluminense dengan torehan 128 gol dan 25 assist.

4. Manuel Lanzini

Gelandang West Ham United ini sempat merasakan berduet dengan Ciro Alves di Fluminense pada musim 2010-2011, tepat saat usianya masih 18 tahun.

Karier Lanzini yang semakin menanjak usai bermain bersama Ciro, sosoknya bahkan dilirik banyak klub top Eropa meski memilih bertahan di West Ham.

5. Rafael Sobis

Sobis termasuk salah satu legenda Brasil yang muncul di era Adriano, Ronaldo Nazario dan Robinho yang sempat bermain di Liga Spanyol bersama Real Betis.

Menghabiskan dua musim di Spanyol sebelum kembali ke Brasil, Sobis pun memilih Fluminense sebagai labuhan terbarunya.

Kedatangan Sobis membuat Ciro lebih banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan, dengan 26 laga Sobis sukses mencetak 10 gol dan 2 assist.

Kontributor: Eko
Load More