Irwan Febri Rialdi
Al Hilal lolos ke final Piala Dunia Antarklub usai taklukkan Flamengo 3-2. (AFP)

Bolatimes.com - Al Hilal memastikan langkah ke final Piala Dunia Antarklub 2022 usai mengalahkan raksasa Brasil, Flamengo selalu jaawara Copa Libertadores 2022.

Kesuksesan Al Hilal melangkah ke partai final Piala Dunia Antarklub 2022 disertai dengan catatan menarik sebagai wakil Asia di ajang ini.

Kemenangan Al Hilal dicatatkan di Stadion IB Batouta, Tangier, Maroko pada Rabu (8/2/2023) berakhir dengan skor ketat 3-2 atas Flamengo.

Al Hilal membuka keunggulan lebih dulu pada menit keempat lewat penalti Al Dawsari, butuh belasan menit bagi Flamengo menyamakan kedudukan lewat Pedro Guilherme pada menit ke-20.

Keuntungan bagi Al Hilal menjelang laga babak pertama berakhir, Flamengo harus bermain dengan 10 pemain menyusul kartu kuning kedua Gerson Santos.

Sekaligus membuat Al Hilal kembali unggul lewat eksekusi penalti Al Dawsari lagi, tepatnya pada menit ke-45+9, skor 2-1 menutup paruh pertama.

Al Hilal semakin menjauh dari kejaran Flamengo, tepatnya pada menit ke-70 lewat aksi Luciano Vietto, pesta gol di laga itu ditutup Pedro Guilherme pada menit ke-90+1.

Al Hilal mencatatkan nama sebagai salah satu dari tiga tim Asia yang mampu menembus partai final Piala Dunia Antarklub sepanjang sejarah.

Sebelum Al Hilal, dua tim Asia sempat mencatat sejarah dimulai dari wakil Jepang, Kashima Antlers yang harus menanggung keganasan raksasa Spanyol.

Kashima Antlers kalah dengan skor telak dari Real Madrid di final Piala Dunia Antarklub 2016, enam gol tercipta di laga tersebut empat di antaranya milik El Real.

Kashima Antlers hanya mampu mencetak dua gol lewat Yuki Shibasaki, sementara empat gol Real Madrid tercipta lewat hattrick Cristiano Ronaldo dan satu gol Karim Benzema.

Real Madrid kembali berjaya di final Piala Dunia Antarklub 2018, lagi-lagi tim dari Asia jadi korbannya, giliran Al-Ain dari Uni Emirat Arab.

Empat gol Real Madrid hanya mampu dibalas satu gol wakil Asia, kali ini El Real tanpa seorang Ronaldo bisa mencatat 4 gol tersebut.

Wakil ketiga Asia di final Piala Dunia Antarklub terjadi di musim 2022, Al Hilal sudah mengamankan satu tiket untuk partai puncak turnamen FIFA ini.

Dan lagi-lagi Real Madrid jadi masalahnya, skuad asuhan Carlo Ancelotti ini akan memperebutkan satu tiket untuk laga final melawan Al Ahly.

Duel kedua tim bakal digelar pada 9 Februari 2023, jika El Real berhasil melaju ke final, tim ini akan berkesempatan hattrick gelar Piala Dunia Antarklub melawan wakil Asia.

Kontributor: Eko
Load More