Irwan Febri Rialdi
Pemain Chelsea, Mykhailo Mudryk. (Instagram/@chelseafc)

Bolatimes.com - Jendela transfer musim dingin di beberapa liga top Eropa telah ditutup. Telah banyak transfer pemain yang dilakukan klub-klub top dunia sepanjang Januari 2023.

Beberapa transfer mengejutkan pun terjadi sepanjang jendela transfer musim dingin ini. Tercatat, Chelsea menjadi tim paling sibuk di bursa transfer Januari.

The Blues yang baru saja diakuisisi oleh Todd Boehly itu rela menggelontorkan duit ratusan juta euro untuk memperkuat skuad Chelsea.

Beberapa transfer besar yang dilakukan Chelsea di antaranya ada Mykhaylo Mudryk. Di atas kertas, nilai transfer Mudryk 70 juta euro. Namun, ditambah klausul dan bonus yang sudah diatur, paket transfer Mudryk mencapai 100 juta euro.

Terbaru, Chelsea membungkus Enzo Fernandez dari Benfica. Kabarnya, mahar transfer mencapai 120 juta euro. Jumlah ini memecahkan rekor transfer klub.

Di lain sisi, Chelsea juga melepas Jorginho ke Arsenal. The Gunners juga mendatangkan Leandro Trossard dari Brighton & Hove Albion dengan mahar 24 juta poundsterling.

Masih di Liga Inggris, terbaru Manchester United ikut meramaikan bursa transfer dengan mendatangkan Marcel Sabitzer dari Bayern Munchen.

Dari Liga Italia, tak banyak transfer mengejutkan terjadi. Hanya Juventus yang melepas Weston McKennie ke Leeds United dengan status pinjaman dan mendatangkan Mohamed Ihattaren dari Ajax.

Sementara dari Liga Spanyol, sejumlah pergerakan transfer mengejutkan terjadi. Di antaranya ada Memphis Depay yang pindah dari Barcelona ke Atletico Madrid.

Barcelona sendiri tak mendatangkan pemain, tetapi melepas satu pemain lainnya yaitu Hector Bellerin ke Sporting. Sedangkan rival mereka, Real Madrid, tak memboyong satu pun pemain.

Dari Bundesliga, Bayern Munchen melakukan transfer yang cukup mengejutkan. Mereka mendapatkan Daley Blind, Yann Sommer, dan terbaru Joao Cancelo dari Manchester City.

Sementara Borussia Dortmund cuma mendatangkan dua pemain baru dan melepas Thorgan Hazard ke PSV Eindhoven.

Berikut daftar transfer top di musim dingin 2023 yang sudah disepakati:

- Mykhailo Mudryk: dari Shakhtar Donetsk ke Chelsea

- Anthony Gordon: dari Everton ke Newcastle United

- Cody Gakpo: dari PSV ke Liverpool

- Noni Madueke: dari PSV ke Chelsea

- Malo Gusto: dari Lyon ke Chelsea

- Jakub Kiwior: dari Spezia ke Arsenal

- Leandro Trossard: dar Brighton ke Arsenal

- Joao Felix: dari Atletico Madrid ke Chelsea

- Yann Sommer: dari Borussia Monchengladbach ke Bayern Munchen

- Cristiano Ronaldo: bebas agen ke Al Nassr

- Jorginho: dari Chelsea ke Arsenal

- Marcel Sabitzer: dari Bayern Munchen ke Manchester United

- Memphis Depay: dari Barcelona ke Atletico Madrid

- Keylor Navas: dari PSG ke Nottingham Forest

- Joao Cancelo: dari Manchester City ke Bayern Munchen

- Hector Bellerin: dari Barcelona ke Sporting

- Thorgan Hazard: dari Borussia Dortmund ke PSV

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More