Irwan Febri Rialdi
Ronaldo Nazario dengan gaya rambut uniknya saat antar Timnas Brasil juara Piala Dunia 2002. (AFP)

Bolatimes.com - Talenta Brasil di Eropa selalu memberi kejutan, tak hanya lewat aksi memukau saat bertanding di atas lapangan tetapi juga torehan prestasi mentereng seperti halnya pencetak gol terbanyak alias top skor.

Tak hanya di kandang sendiri, para pemain Brasil tampil memukau di daratan Eropa meski kurang lengkap tanpa Pele di dalamnya.

Terlepas dari itu, banyak pemain lain asal Negeri Samba yang mampu mengejutkan Eropa dan seisinya lewat penampilan ciamik dan catatan gol menarik.

Berikut ini lima pemain Brasil yang pernah mengacak-ngacak sepak bola Eropa lewat torehan gol yang dibuat mereka.

1. Giovane Elber (Bundesliga)

Awal abad ke-21 sepak bola Eropa sudah menjadi taman bermain bagi para pesepak bola asal Brasil, salah satunya penyerang Bayern Muenchen, Giovane Elber.

Bermain untuk raksasa Jerman mulai 1997-2003, hingga mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak pada Bundesliga musim 2002-2003.

Elber juga pemberi empat gelar Bundesliga untuk Bayern, ditambah satu trofi Liga Champions dan delapan gelar di ajang lainnya.

2. Ailton (Bundesliga)

Liga Jerman seperti taman bermain yang nyaman bagi para pemain asal Brasil, selain Elber adapula Ailton yang jadi andalan Werder Bremen.

Torehan 28 gol di musim 2003-2004 menjadikannya penerus Elber sebagai pemain Brasil yang cemerlang di Bundesliga.

Ailton juga sukses memberi empat gelar Bundesliga untuk Bremen dan enam gol darinya membawa tim ini merengkuh gelar DFB-Pokal musim 2003-2004.

3. Ronaldo (La Liga)

Sang Fenomena asal Brasil, menggila bersama Real Madrid pada musim 2003-2004 dengan torehan sepatu emas lewat 24 golnya.

Sebelumnya Ronaldo merengkuh gelar itu lebih dulu bersama Barcelona pada musim 1996-1997 dan menjadi satu-satunya pemain peraih top skor bersama dua klub tersebut.

4. Grafite (Bundesliga)

Bundesliga musim 2008-2009 kembali dikejutkan dengan aksi pemain asal Brasil, Grafite yang keluar sebagai top skor bersama VfL Wolfsburg dengan 28 golnya.

Tak hanya itu, Grafite juga sukses membawa gelar Bundesliga untuk Wolfsburg dan menjadi pertama serta satu-satunya gelar yang belum pernah diraih lagi hingga saat ini.

5. Nene (Ligue 1)

Sebelum Neymar, PSG pernah memiliki pemain bintang asal Brasil dari seorang Nene dan berposisi sebagai gelandang.

Namun mampu mencetak 21 gol, koleksi yang sama dengan Olivier Giroud yang saat itu masih berstatus pemain Montpellier.

Kontributor: Eko
Load More