Rauhanda Riyantama | Arief Apriadi
Enner Valencia cetak dua gol saat Ekuador kalahkan Qatar 2-0 dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Timnas Ekuador sukses meraih kemenangan perdana atas tuan rumah Qatar dalam matchday pertama Grup A Piala Dunia 2022. Dalam laga pembuka yang digelar di Stadion Al Bayt, Al Khor, Doha, Minggu (20/11/2022) malam WIB, La Tri menang 2-0.

Dua gol Ekuador dalam laga ini dicetak striker Enner Valencia. Dia mencetak brace lewat tembakkan penalti pada menit ke-15 dan sundulan apik pada menit ke-31.

Ekuador tampil begitu dominan dalam laga ini. Selain menang dengan catatan nirbobol, tim asuhan Gustavo Alfaro juga memaksa Qatar gagal mencatatkan satu pun tembakkan tepat sasaran sebagaimana statistik di laman resmi FIFA.

Baca Juga:
Hasil Pertandingan Pembuka Piala Dunia 2022: Ekuador Pecundangi Tuan Rumah Qatar Dua Gol Tanpa Balas

Hasil ini membuat Ekuador untuk sementara memuncaki klasemen Grup A Piala Dunia 2022 dengan koleksi tiga poin dari satu lag. Sementara itu, Qatar terbenam di dasar klasemen.

Jalannya pertandingan

La Tri, julukan Timnas Ekuador tampil begitu dominan dalam laga ini. Mereka bahkan sudah mencetak gol ketika pertandingan baru berjalan empat menit melalui sundulan Enner Valencia yang memanfaatkan sekelumit di kotak penalti Qatar.

Baca Juga:
Tanggapan Rafael Struick usai Jalani Debut Bersama Timnas Indonesia U-20: Bangga Cetak Gol untuk Negara yang Luar Biasa

Valencia memasukkan bola ke belakang gawang menyusul kesalahan besar yang dilakukan Al Sheeb yang gagal meninju umpan silang sederhana ke dalam kotak jauh dari bahaya.

Namun, gol tersebut dianulir karena dalam prosesnya salah satu pemain Ekuador dianggap offside oleh video assistant referee (VAR).

Keputusan wasit terkesan sangat kontroversial lantaran tidak tampak bahwa posisi Enner Valencia saat melakukan sundulan berada di belakang barisan pemain Qatar.

Baca Juga:
Hasil Big Match Pemain Timnas Indonesia di Luar Negeri: Jordi Amat Hempaskan Saddil Ramdani Cs di Piala Malaysia 2022

Namun, melalui tayangan ulang dan ulasan 3D (tiga dimensi) teknologi offside semi-otomatis, striker Ekuador Michael Estrada terlihat sudah dalam posisi offside sebelum Valencia mencetak gol.

Hanya butuh 12 menit kemudian untuk Ekuador benar-benar mencetak gol pembuka di laga ini. Enner Valencia mencatatkan namanya setlah sukses mengonversi tendangan penalti.

Enner Valencia cetak gol melalui penalti saat Ekuador kalahkan Qatar 2-0 dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. (AFP)

Ekuador mendapat penalti setelah Valencia yang menggiring bola di dalam kotak terlarang, dijegal oleh kiper Saad Al Sheeb. Dari tayangan ulang, tangan penjaga gawang menahan kaki sang striker tanpa menyentuh bola.

Baca Juga:
Calon Pelatih Vietnam Pernah Bikin Malu Timnas Qatar, Kalah dari Timnas Indonesia Jadi Sebabnya

La Tri hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-20. Pervis Estupinan mengirim umpan lambung dari sisi kiri sebelum disambut sundulan Michael Estrada yang sayangnya masih melambung di muka gawang.

Ekuador terus melakukan tekanan selepas itu. Qatar tak banyak diberi kesempatan untuk sekedar membangun serangan.

Pada menit ke-31, Ekuador menggandakan keunggulan. Gol lagi-lagi dicetak striker sekaligus kapten mereka, Enner Valencia.

Valencia mencetak brace setelah memanfaatkan umpan silang Angelo Preciado dari sisi kanan untuk diakhiri dengan sundulan akurat ke pojok kiri bawah gawang Qatar. Skor 2-0 itu pun bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Ekuador mendapat peluang emas pada menit ke-55. Michael Estrada mendapat kesempatan untuk menembak di luar kotak penalti tetapi sepakannya masih bisa ditepis kiper Al Sheeb.

Pada menit ke-62, Qatar coba membangun serangan. Umpan jarak jauh Abdelkarim Hassan disambut sundulan Pedro Miguel tetapi bola cuma bergulir di sisi kiri gawang Ekuador.

Ekuador terus tampil dominan dalam laga ini dengan Qatar beberapa kali coba melakukan serangan yang selalu gagal. Skor 2-0 pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain Qatar vs Ekuador

QATAR (3-4-3): Saad Al Sheeb; Abdelkarim Hassan, Boualem Khoukhi, Bassam Al Rawi; Homam Ahmed, Abdulaziz Hatem, Karim Boudiaf, Pedro Miguel; Akram Afif, Almoez Ali (Mohammed Muntari, 72'), Hassan Al Haydos (Mohammed Waad, 71').

EKUADOR (4-4-2): Hernan Galindez; Angelo Preciado, Piero Hincapie, Felix Torres, Pervis Estupinan; Romario Ibarra (Jeremy Sarmiento, 69'), Moises Caicedo (Alan Franco, 90'), Jhegson Méndez, Gonzalo Plata; Michael Estrada (Kevin Rodriguez, 89'), Enner Valencia (Jose Cifuentas, 78').

Load More