Husna Rahmayunita | Arief Apriadi
Liverpool usai mengalahkan Napoli di Liga Champions. (Oli SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Liverpool dikabarkan akan dijual oleh sang penguasa saham Fenway Sports Group (FSG). Sejumlah sosok masuk kandidat pemilik Liverpool, termasuk Syekh Khaled Bin Zayed Al Nehayan, sepupu bos Manchester City.

FSG, yang dimiliki oleh John W. Henry, membeli Liverpool dari George Gillett dan Tom Hicks pada tahun 2010 dengan dana 300 juta poundsterling.

Di tangan FSG, Liverpool kembali menemukan kejayaan tepatnya ketika mereka mendatangkan Jurgen Klopp dari Borussia Dortmund sebagai manajer pada 2015 silam.

Total delapan piala sejauh ini sudah dimenangkan Liverpool sejak diakusisi Fenway Sports Group, termasuk mengangkat trofi liga Inggris untuk pertama kali dalam 30 tahun dan menjuarai Liga Champions pada 2019.

Kini, FSG berencana untuk menjual saham kepemilikan Liverpool. Mereka menyebut siap bernegosiasi dengan pihak ketiga andai perubahan ini bisa memberi kebaikan untuk The Reds.

"FSG telah sering menerima pernyataan minat dari pihak ketiga yang ingin menjadi pemegang saham di Liverpool," kata FSG dalam pernyataan mereka yang dikutip AFP via Antara pada Selasa (8/11/2022).

"FSG telah mengatakan sebelumnya bahwa di bawah syarat dan ketentuan yang tepat, kami akan mempertimbangkan pemegang saham baru bila itu demi kepentingan terbaik Liverpool sebagai klub."

Berdasarkan laporan Forbes pada Mei 2022, Liverpool saat ini memiliki nilai jual sebesar 3,89 miliar poundsterling (sekitar Rp70,2 triliun). Angka tersebut sepuluh kali lipat lebih tinggi ketimbang saat FSG mengakuisisi Liverpool pada 2010.

Mengutip Mirror, terdapat dua kandidat yang dilaporkan tertarik untuk membeli saham Liverpool. Mereka adalah RedBird Capital Partners selaku pemilik mayoritas saham AC Milan, serta sepupu dari pemilik Manchester City, Syekh Khaled Bin Zayed Al Nehayan.

Nama terakhir bahkan dilaporkan pernah ingin membeli Liverpool pada 2017 tetapi tawaran Syekh Khaled Bin Zayed Al Nehayan ditolak oleh FSG saat itu.

Andai salah satu dari dua kandidat itu berhasil membeli saham kepemilikan FSG, maka Liverpool secara tak langsung bakal menjadi klub saudara dari AC Milan atau Manchester City.

Load More