Husna Rahmayunita
Bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai cetak gol ke galant Norwich City. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut daftar 32 tim yang berhak tampil di fase grup Liga Europa 2022/2023. Komposisi peserta Liga Europa musim ini telah lengkap.

Berdasarkan hasil babak playoff Jumat (26/8/2022) dini hari WIB, ada 20 tim tambahan yang menyusul 12 klub sebelumnya di fase grup.

Sebanyak 12 tim lolos otomatis ke Liga Europa 2022/2023 usai terdepak dari Liga Champions musim lalu. Mereka adalah Arsenal, Manchester United, Real Betis, Real Sociedad, AS Roma, Lazio, Freiburg, Union Berlin, Nantes, Rennes, Braga dan Feyenoord.

Sementara 10 tim yang lolos dari babak playoff yang rampung dini hari tadi adalah Omanioa, Fenerbahce, Malmo, Sheriff, Zurich, Olimpialos, Shamrock Rovers, AEK Larnaca, HJK, dan Ludogorets.

Sedangkan 10 tim yang masuk fase grup setelah tersingkir di playoff Liga Champions dan babak kualifikasi ketiga adalah As Monaco, PSV Eindhoven, Sturm Graz, Red Star Belgrade, Dynamo Kiev, Union Saint-Gilloise, Midtjylland, Qaraba, Trabzonspor dan Bodø/Glimt.

Dalam drawing fase grup Liga Europa 2022/2023, 32 tim yang lolos ke putaran final ini akan dibagi ke dalam empat pot, seperti halnya ajang Liga Champions 2022/2023 yang sudah merampungkan hasil undian pada Kamis (24/8/2022) malam WIB.

Pembagian 32 tim ke dalam empat pot ditentukan berdasarkan koefisien UEFA klub-klub tersebut pada 2022. Tim-tim ini nantinya akan dibagi ke dalam delapan grup yang masing-masing berisi empat klub. Setiap grup tak bisa berisi tim dari negara yang sama.

Acara drawing fase grup Liga Europa 2022/2023 akan berlangsung di Istanbul, Turki pada pukul 18.00 WIB, sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

Berikut pembagian pot drawing fase grup Liga Europa 2022/2023:

Pot 1

AS Roma
Manchester United
Arsenal
Lazio
Braga
Red Star Belgrade
Ukraine Dynamo Kyiv
Greece Olympiacos

Pot 2

Feyenoord
Rennes
PSV Eindhoven
Monaco
Real Sociedad
Qaraba
Malmö FF
Ludogorets Razgrad

Pot 3

Sheriff Tiraspol
Real Betis
Midtjylland
Bodø/Glimt
Ferencváros
Union Berlin
SC Freiburg
Fenerbahçe

Pot 4

Nantes
HJK
Sturm Graz
AEK Larnaca
Omonia
Zürich
Union Saint-Gilloise
Trabzonspor

(Suara.com/Arief Apriadi)

Load More