Husna Rahmayunita
Pemain Villarreal termasuk gelandang Villarreal Etienne Capoue (kiri) melakukan selebrasi usai laga perempat final Liga Champions UEFA, pertandingan sepak bola leg kedua FC Bayern Munich v FC Villarreal di Munich, pada 12 April 2022. Jose Jordan/AFP

Bolatimes.com - Sebanyak 32 tim akan tampil di fase grup Liga Konferensi 2022/2023. Tak ada nama klub yang dibela Shayne Pattynama, Viking FK dalam daftar tersebut.

Usai rampungnya babak playoff, Jumat (26/8/2022) dini hari WIB, ada 22 tim yang berhak melaju ke fase grup Liga Konferensi.

Tim-tim yang berhasil lolos lewat babak playoff antara lain Slavia Praha, Slovácko, West Ham, Villarreal, Nice, FC Koln, H. Beer-Sheva, Fiorentina dan Balkani.

Selain itu ada Vaduz, RFS, AZ Alkmaar, Molde, Lech, CFR Cluj, FCSB, Partizan, Basel, Slovan Bratislava dan stanbul Baakehir.

Adapun 10 tim lain lolos, ialah mereka terdepak dari playoff Liga Europa 2022/2023. Di antaranya, Pyunik, Austria Vienna, Gent, Apollon, Silkeborg, Shamrock Rovers, Zalgiris, Hearts, Sivasspor dan Dnipro-1.

Seperti halnya Liga Champions dan Liga Europa, Liga Konferensi yang merupakan kompetisi kasta ketiga antar klub Eropa di bawah naungan UEFA ini turut membagi 32 tim ke dalam empat pot dalam proses drawing atau pengundian fase grup.

Pembagian tim ke dalam empat pot itu didasari oleh koefisien UEFA klub-klub tersebut selama 2022. Tim dari asosiasi negara yang sama dan tim dari Serbia dan Kosovo karena alasan politik, tidak bisa masuk grup yang sama.

Pengundian fase grup Liga Konferensi 2022/2023 akan berlangsung di Istanbul, Turki pada Jumat (26/8/2022) pukul 19.30 WIB sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

Berikut daftar 32 tim dan pembagian pot jelang undian fase grup Liga Konferensi 2022/2023:

Pot 1:

Villarreal
Basel
Slavia Praha
AZ Alkmaar
Gent
stanbul Baakehir
Partizan
West Ham

Pot 2:

CFR Cluj
Molde
FCSB
Fiorentina
Köln
H. Beer-Sheva
Apollon
Slovan Bratislava

Pot 3:

Nice
Anderlecht
algiris
Austria Wien
Hearts
Shamrock Rovers
Sivasspor
Vaduz

Pot 4:

Dnipro-1
Lech
Slovácko
Silkeborg
Djurgården
Pyunik
RFS
Ballkani

(Suara.com/Arief Apriadi)

Load More