Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia U-16 Arkhan Kaka Putra Purwanto dan rekannya saat lawan Filipina. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Jadwal siaran langsung Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam U-16 dalam laga terakhir Grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022) malam WIB.

Pertandingan ini sangat penting bagi kedua tim yang masih sama-sama berpeluang untuk mengakhiri fase grup sebagai pemuncak klasemen Grup A.

Timnas Indonesia U-16 untuk sementara menempati puncak klasemen dengan koleksi enam poin, setara dengan Vietnam tetapi unggul dalam selisih gol yakni +11 berbanding +9 milik Golden Star Warriors.

Baca Juga:
Klasemen Liga Inggris usai Arsenal Menang 2-0 atas Crystal Palace

Situasi itu jelas menguntungkan timnas Indonesia U-16. Garuda Asia cuma membutuhkan hasil imbang guna merebut tiket lolos ke babak semifinal.

Sebagai informasi, sebanyak tim pemuncak klasemen dari tiga grup yang ada otomatis lolos ke semifinal, sementara satu slot lain akan diberikan kepada runner-up terbaik.

Karenanya, beban besar lebih berada di pundak timnas Vietnam U-16. Mereka wajib mengalahkan timnas Indonesia U-16 jika ingin lolos ke semifinal secara otomatis tanpa menunggu hasil tim lain untuk mengklaim posisi runner-up terbaik.

Baca Juga:
Update Klasemen Liga 1 2022/2023, usai Persija vs PSM dan Arema FC vs PSS Imbang

Pemain timnas Vietnam U-16 merayakan gol yang mereka cetak ke gawang Filipina pada laga Grup A Piala AFF U16 2022 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (3/8/2022). Pertandingan itu berakhir dengan skor 5-0 UU untuk kemenangan Vietnam. (ANTARA/HO/AFF)

Pelatih timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengisyaratkan bahwa skuadnya tidak akan "cari aman" saat melawan Vietnam kendati cuma membutuhkan hasil imbang untuk lolos otomatis ke semifinal.

"Kami tak boleh berpikir, 'Wah, seri sudah cukup jadi kami harus bermain aman'. Kami mau 'fight' dan menang," ujar juru taktik berusia 46 tahun itu usai memimpin latihan skuadnya di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, Yogyakarta, Jumat (5/8/2022).

Meski demikian, Bima tidak mempermasalahkan jika memang seri menjadi hasil akhir laga tersebut.

Baca Juga:
Hasil Liga 1: Tampil di Hadapan Publik Sendiri, Arema FC Gagal Raih Kemenangan atas PSS Sleman

Namun, kalah tidak masuk dalam skenario. Sebab, andai takluk dari Vietnam, Indonesia harus berharap menjadi peringkat kedua terbaik fase grup dan itu artinya menggantungkan nasib kepada tim dari grup lain.

"Kami tak mau berharap pada tim lain. Kami ingin menentukan nasib kami sendiri," kata Bima.

Di sisi lain, pelatih Vietnam Nguyen Quoc Tuan menegaskan timnya siap menampilkan permainan terbaik di laga ini. Persiapan mereka juga sama bagusnya seperti ketika menghadapi Singapura maupun Filipina.

Baca Juga:
Hasil Liga 1: Tanpa Striker Timnas Ceko, Persija Imbang 1-1 atas PSM Makassar

“Pada pertandingan terakhir penyisihan grup, Vietnam U16 akan memiliki persiapan yang sama seperti dua pertandingan sebelumnya," jelas Nguyen Quoc Tuan.

"Tetapi Vietnam U-16 akan berusaha lebih keras, dengan semangat yang lebih tinggi saat bermain melawan Indonesia U-16".

Berikut jadwal siaran langsung timnas Indonesia U-16 vs Vietnam U-16 di Piala AFF U-16 2022:

Laga: Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam U-16
Tempat: Stadion Maguwoharjo, Sleman
Waktu: Sabtu (6/8/2022) pukul 20.00 WIB
Siaran Langsung: Indosiar
Link Live Streaming: Vidio.com

(Suara.com/Arief Apriadi)

Load More