Husna Rahmayunita
Bek Arsenal asal Portugal Nuno Tavares (tengah) melakukan selebrasi setelah mencetak gol pembuka selama pertandingan Liga Inggris antara Arsenal vs Manchester United di Stadion Emirates, London pada 23 April 2022. Ian Kington / IKIMAGES / AFP

Bolatimes.com - Fakta-fakta menarik laga pembuka Liga Inggris 2022/2023 yang akan digelar mulai pekan ini. Laga pembuka Liga Inggris digelar Sabtu (6/8/2022) dini hari hingga Minggu (7/8/2022) malam.

Sederet tim dijadwalkan bertanding di laga pembuka Liga Inggris musim ini. Mereka akan memulai perjuangan, sebut saja Arsenal hingga Manchester City.

Sederet fakta menarik akan tersaji. Berikut jadwal pertandingan pekan pertama Liga Inggris seperti dikutip dari Reuters.

Crystal Palace vs Arsenal (Sabtu 02.00 WIB)

- Ini menjadi kali kelima Arsenal terlibat dalam laga pembuka musim Liga Premier, di mana mereka memenangi tiga di antaranya tapi kalah 0-2 melawan Brentford pada 2021-22 lalu.

- Catatan head-to-head kedua tim dalam enam pertemuan terakhir di liga berimbang dengan empat kali berakhir seri dan masing-masing sekali mengalahkan satu sama lain.

- Arsenal menderita kekalahan dalam empat dari enam laga tandang terakhir mereka di musim 2021-22.

Fulham vs Liverpool (Sabtu 18.30 WIB)

- Dua pertemuan terakhir kedua tim di liga terjadi pada 2020-21 di mana Fulham tak terkalahkan kontra Liverpool, imbang 1-1 di Anfield dan menang 1-0 di Craven Cottage. Catatan itu jadi perbaikan mentereng setelah sebelumnya selalu kalah dalam enam pertemuan di liga sepanjang 2012 hingga 2019.

- Penyerang Liverpool Mohammed Salah merupakan pemain pertama di Liga Premier yang selalu mencetak gol di laga pekan pembuka untuk lima musim beruntun. Bintang Mesir itu berpeluang menajamkan rekornya bila bisa menjebol gawang Fulham.

- Musim lalu, Liverpool punya catatan positif berupa lima kemenangan dalam enam pertemuan menghadapi tim-tim promosi.

Bournemouth vs Aston Villa (Sabtu 21.00 WIB)

- Tim promosi Bournemouth terakhir memainkan pertandingan Liga Premier pada 2019-20, ketika mereka terdegradasi setelah finis di urutan ke-18 klasemen.

- Dalam lima kali pertemuan melawan tim promosi di laga pekan pembuka Liga Premier, Villa tiga kali kalah, sekali imbang, dan cuma satu kali menang, yakni 1-0 atas Bournemouth pada 2015-16.

- Di level Liga Premier, kedua tim tercatat hanya empat kali bertemu. Bournemouth tiga kali menang, sedangkan Villa hanya satu kali.

Leeds United vs Wolverhampton (Sabtu 21.00 WIB)

- Setelah hanya meraih tiga kemenangan dalam 25 lawatan pertandingan liga ke markas Leeds, Wolverhampton memperbaikinya dengan tiga kemenangan dalam empat kunjungan terakhir ke Elland Road.

- Luke Ayling mencetak gol pada menit pertama waktu tambahan untuk mengunci kemenangan dramatis 3-2 bagi Leeds dalam pertemuan terakhir kedua tim di liga.

- Dalam catatan enam pertemuan kedua tim di Liga Premier, hanya satu kali yang berakhir imbang, Wolverhampton memenangi tiga di antaranya dan Leeds dua kali menang.

Newcastle United vs Nottingham Forest (Sabtu 21.00 WIB)

- Pertandingan ini menandai penampilan perdana Forest di Liga Premier setelah 23 tahun lamanya.

- Forest tak punya rekor bagus melawan Newcastle di Liga Premier, di mana mereka lima kali kalah dan tiga kali bermain imbang dalam delapan pertemuan.

- Forest jadi salah satu tim Inggris tersibuk di bursa transfer musim panas ini, merekrut 12 pemain, termasuk eks Manchester United Jesse Lingard.

Tottenham Hotspur vs Southampton (Sabtu 21.00 WIB)

- Sepanjang sejarah di Liga Premier, Southampton cuma bisa membukukan empat kemenangan dalam laga-laga tandang ke markas Tottenham.

- Pertemuan terakhir kedua tim di markas Tottenham berakhir dengan kemenangan 3-2 bagi Southampton yang dikunci gol-gol larut Mohamed Elyounoussi dan Che Adams.

- Rekrutan anyar Tottenham, Richarlison, harus absen dari pertandingan ini karena sanksi yang diterimanya setelah melempar suar di tengah laga Everton kontra Chelsea musim lalu.

Everton vs Chelsea (Sabtu 23.30 WIB)

- Everton nirkalah dalam lima laga kandang terakhir kontra Chelsea di liga dan memenangi empat di antaranya.

- Chelsea lebih unggul dalam catatan head-to-head keseluruhan di Liga Premier kontra Everton, dengan 27 kemenangan, 20 hasil imbang, dan 13 kali kalah.

- Everton dipastikan tanpa penyerang Salomon Rondon yang masih menjalani hukuman akumulasi kartu merah setelah diusir wasit dalam laga kontra Brentford musim lalu.

Leicester City vs Brentford (Minggu 20.00 WIB)

- Brentford masih memburu kemenangan pertama melawan Leicester di Liga Premier, ini jadi percobaan ketiga mereka.

- Di berbagai kompetisi, Brentford nirmenang melawan Leicester dalam 10 pertemuan yang hanya satu di antaranya berakhir imbang. Terakhir kali Brentford mengalahkan Leicester terjadi pada 1953 dalam kompetisi Divisi Dua.

- Leicester sejauh ini masih belum merekrut satu pemain baru pun dalam bursa transfer musim panas.

Manchester United vs Brighton & Hove Albion (Minggu 20.00 WIB)

- Laga ini bakal menandai debut bos baru United Erik ten Hag di Liga Premier.

- United memenangi tujuh dari 10 pertemuan kontra Brighton di Liga Premier, termasuk menyapu bersih lima laga di Old Trafford.

- Brihgton mempecundangi United 4-0 di dalam laga kandang sebagai pertemuan terakhir kedua tim pada Mei lalu.

West Ham United vs Manchester City (Minggu 22.30 WIB)

- Penyerang baru City Erling Haaland berpotensi melakoni debutnya di Liga Premier untuk sang juara bertahan.

- West Ham nirkalah lawan City dalam dua laga kandang terakhir di Liga Premier, memperbaiki catatan selalu kalah di empat pertandingan kandang sebelumnya yang diperburuk kebobolan 17 gol.

- Dalam 42 pertemuan kontra City di Liga Premier, West Ham cuma mencatatkan sembilan kemenangan, yang tujuh di antaranya diperoleh di kandang sendiri.

(Antara)

Load More