Husna Rahmayunita
Penyerang DC United, Wayne Rooney. [@waynerooney / Instagram]

Bolatimes.com - Mantan pemain Manchester United Wayne Rooney antusias menjalani tugas barunya sebagai pelatih kepala DC United usai hengkang dari Derby County.

Ia membalas sindiran yang menyebutnya telah mengambil langkah mundur menjadi pelatih klub Major League Soccer (MLS) DC United, yang notabene adalah mantan klubnya.

Pria berusia 36 tahun, yang bermain untuk DC United mulai 2018 hingga 2019, mengundurkan diri sebagai manajer Derby County bulan lalu setelah 17 bulan yang bergejolak yang menyebabkan klub Inggris tersebut terdegradasi ke tier ketiga di tengah masalah keuangan.

Manajer sementara DC United Chad Ashton akan tetap bertugas hingga Rooney menerima visa kerjanya, dengan staf kepelatihannya akan diumumkan kemudian.

"Saya telah melihat beberapa artikel, tentu saja di Inggris, mengenai kemungkinan langkah mundur dalam karir manajerial saya," kata Rooney kepada reporters seperti dilansir Reuters. "Saya benar-benar merasa itu agak tidak sopan terhadap liga ini."

Rooney mengatakan waktunya di Derby telah membantunya berkembang sebagai pelatih dan manajer.

"Dan ke sini kembali ke MLS, kembali ke DC United adalah tantangan yang menarik bagi saya, sesuatu yang saya rasa bisa mengembangkan saya sebagai seorang pelatih," tambahnya.

Rooney dianggap sebagai manajer penuh pada Januari 2021 menyusul keberhasilan sebagai pemain-manajer sementara pada musim sebelumnya.

Ia mengundurkan diri bulan lalu, mengatakan bahwa ia berharap Derby akan dipimpin oleh seseorang dengan energi segar dan tidak terpengaruh oleh gejolak di klub.

"Tentu saja, saya orang yang ambisius. Suatu hari saya ingin melatih di level atas, dan ini bagian dari proses itu," kata Rooney.

"Tetapi juga koneksi yang saya punya dengan klub. Saya pernah berada di sini sebelumnya dan tidak ada tim MLS lain yang akan saya datangi selain DC United. Jadi saya bangga berada di sini sebagai manajer."

Sebagai pemain, Rooney mencetak 253 gol untuk Manchester United dan memenangi lima gelar Liga Premier dan Liga Champions bersama klub tersebut. Ia adalah pencetak rekor gol tim nasional Inggris dengan 53 gol.

DC United berada di urutan kedua dari bawah di Wilayah Timur dengan 17 poin dari 17 pertandingan. Mereka dibabat 0-7 oleh Philadelphia Union dalam pertandingan terakhir mereka dan berikutnya akan menjamu Columbus Crew.

(Antara)

Load More