Rauhanda Riyantama
Timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022. (Instagram/@changsuek)

Bolatimes.com - Berikut daftar tim yang telah memastikan satu tempat di semifinal Piala AFF U-19 2022, di mana langkah Timnas Indonesia U-19 hanya terhenti di babak grup.

Piala AFF U-19 2022 telah menemukan empat tim yang lolos ke semifinal usai seluruh kontestan melakoni laga terakhir di fase grup.

Indonesia yang menjadi tuan rumah edisi 2022 ini, harus mengulangi catatan buruk di edisi 2005 kala gagal menembus semifinal Piala AFF U-19 kendati berstatus tuan rumah.

Baca Juga:
Resmi Gabung Manchester City, Erling Haaland Tak Sabar Lawan Manchester United

Timnas Indonesia U-19 gagal menembus semifinal usai kalah Head to Head dari Vietnam dan Thailand yang bermain imbang 1-1 di laga terakhir.

Timnas Indonesia U-19 pun harus menerima hanya finis di peringkat ketiga grup A Piala AFF U-19 2022, meski mengoleksi poin yang sama dengan Vietnam dan Thailand.

Bahkan secara menyakitkan, Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 meski punya catatan gol yang lebih baik ketimbang Vietnam dan Thailand.

Baca Juga:
Jadwal Semifinal Piala Presiden 2022 Hari Ini: Arema FC vs PSIS, Borneo FC vs PSS Sleman

Regulasi AFF yang mengedepankan Head to Head ketimbang selisih gol seperti kompetisi pada umumnya, membuat langkah Timnas Indonesia U-19 pun harus terhenti di peringkat ketiga grup A.

Alhasil, Vietnam yang duduk di peringkat pertama dan Thailand yang duduk di peringkat kedua berhak melangkah ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Sedangkan dari grup lainnya, kejutan hadir dari Laos yang secara mengejutkan mampu mengunci satu tempat di semifinal.

Baca Juga:
Bisakah Indonesia Keluar dari AFF?

Bahkan hingga artikel ini dibuat, Laos masih duduk di puncak klasemen dengan koleksi 9 poin usai meraih tiga kemenangan dari tiga laga yang dijalani.

Laos mampu mengungguli Malaysia yang baru mengoleksi 7 poin buah dari dua kemenangan dan satu hasil imbang dari tiga laga yang telah dilakoni Harimau Malaya.

Dengan koleksi poin yang dimiliki, Laos dan Malaysia pun berhak melaju ke semifinal, mengingat poin kedua tim tak bisa dikejar lawan-lawannya dengan satu laga tersisa di grup B.

Baca Juga:
Tak Juara Piala AFF U-19, Shin Tae-yong Tebar Janji Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia U-20 2023

Kini, Laos dan Malaysia hanya akan berebut status juara grup saja, saat keduanya bertemu pada Senin (11/7) sore nanti WIB di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Berikut daftar tim yang sudah lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

1. Vietnam (Juara grup A)
2. Thailand (Runner up grup A)
3. Laos
4. Malaysia

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More