Rauhanda Riyantama
Timnas Australia. (dok.socceroos)

Bolatimes.com - Timnas Australia dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar. Hasil ini didapat setelah mengalahkan Peru secara dramatis, Selasa (14/6/2022) dini hari WIB.

Duel Australia vs Peru tersaji dalam playoff antarkonfederasi Piala Dunia 2022. Negeri Kanguru menang adu penalti dengan skor 5-4 usai bermain imbang tanpa gol dengan Peru selama 120 menit di Al Rayyan Stadium, Qatar.

Kemenangan ini membuat Australia sukses melanjutkan tradisi lolos ke Piala Dunia 2022. Ini merupakan kelima kali beruntun mereka berhasil melaju ke putaran final ajang sepak bola paling akbar tersebut.

Baca Juga:
Profil Yaqoob Said Abdul Baqi, Wasit yang Disebut Rugikan Timnas Indonesia

Dalam pertandingan ini, Australia sempat berinisiatif menyerang di awal laga. Namun perlahan Peru mampu berbalik menguasai pertandingan dan menekan lawannya.

Meski demikian, Australia beberapa kali mampu mengancam gawang Peru. Di pertengahan babak, mereka kerap mengancam lewat umpan-umpan silang yang salah satunya kerap dikirim M. Boyle.

Di sisi lain, Peru juga tak tinggal diam. Mereka mampu membangun serangan sebelum membawa bola mendekati kotak penalti Australia. Tetapi, skema itu kerap mampu dipatahkan lawannya.

Baca Juga:
Penyebab Rohit Chand Absen Bela Nepal Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

Di babak kedua, kondisi berbalik. Australia yang tampil lebih reaktif di babak pertama, kini berupaya menekan dan terus menyerang Peru yang coba mengandalkan serangan balik pada periode ini.

Namun, penguasaan bola pada akhirnya tetap dipegang Peru dengan 52 persen berbanding 48 milik Australia ketika waktu normal berakhir tanpa gol. Namun, Australia tercatat menciptakan peluang lebih banyak yakni 10.

Di babak tambahan waktu, tak ada banyak perubahan pola permainan. Kedua tim masih sama-sama menekan untuk mencari gol kemenangan.

Baca Juga:
PSSI Klaim Shin Tae-yong Sejak Awal Difokuskan untuk Timnas Indonesia U-20

Peru tampil lebih agresif di fase ini dengan menciptakan lima peluang tambahan. Namun, hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya laga, skor tanpa gol tak berubah.

Di babak tambahan waktu, Australia akhirnya mampu keluar sebagai pemenang dengan skor 5-4. Seluruh penendang dari kedua tim mampu menunaikan tugasnya dengan baik kecuali algojo kelima Peru yakni Valera hingga Australia dinyatakan menang dan melaju ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga:
Juara Indonesia Masters 2022, Fajar Alfian Prediksi Indonesia Open 2002 Bakal Lebih Seru

Load More