Irwan Febri Rialdi
Erling Haaland borong dua gol saat Borussia Dortmund kalahkan Greuther Fuerth 3-0. (INA FASSBENDER / AFP)

Bolatimes.com - Erling Haaland resmi bergabung dengan Manchester City per musim depan. Pemain asal Norwegia itu hijrah ke Inggris setelah dua setengah musim di Borussia Dortmund.

City tidak memberikan rincian keuangan dari kesepakatan itu, tetapi media Jerman melaporkan bahwa total biaya untuk mendapatkan Haaland dengan kontrak jangka panjang melebihi 300 juta euro (sekitar Rp4,58 triliun), termasuk gajinya, biaya agen dan bonus.

Harga penyerang asal Norwegia berusia 21 tahun itu meroket berkat penampilannya yang produktif di Dortmund setelah bergabung dari klub Austria Salzburg.

Baca Juga:
Hasil SEA Games 2021: Timnas Voli Putri Indonesia Menang Telak atas Malaysia

Selama berseragam Dortmund, Haaland tercatat mampu mencetak 88 gol dari 85 penampilan di semua kompetisi yang diikuti.

Haaland juga mengantarkan Borussia Dortmund meraih gelar juara DFB-Pokal musim 2020/21. Tak pelak dengan performa impresif di usia yang baru 21 tahun bikin Haaland menjadi incaran klub-klub top Eropa.

Berikut ini deretan pencapaian yang dimiliki oleh Erling Haaland sebelum pindah ke Manchester City.

Baca Juga:
Kalah dari Lakshya Sen di Final Piala Thomas, Ginting: Lapangannya Benar-benar Sulit!

1. Punya Nilai Pasar Fantastis

Usianya memang masih sangat muda, tapi Haaland punya harga pasar yang fantastis. Dia tergabung di deretan pemain di bawah usia 23 paling mahal saat ini.

Saat pindah dari Salzburg ke Dortmund, harga pasar Haaland masih di kisaran 45 juta euro. Angka tersebut meningkat berkali-kali lipat menjadi 150 juta euro.

Baca Juga:
Arema FC akan Uji Coba Lawan PSIS Semarang, Home-Away

2. Punya Banyak Pengalaman di Level Profesional

Sudah berkarier sebagai pemain profesional sejak 2016 saat menembus tim utama Bryne FK, kini Haaland sudah banyak mengecap pengalaman bermain di level profesional.

Mulai dari Bryne hingga Molde, lalu ke Salzburg, hingga ke Dortmund, total Erling Haaland sudah mencatatkan 199 penampilan dengan mencetak 154 gol.

Baca Juga:
Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Myanmar, Ayo Lolos Semifinal!

3.  Rekor-rekor Haaland

Haaland sukses mencetak hattrick dalam 34 menit saat tampil debut buat Dortmund, ini menjadikannya sebagai pemain ketujuh dalam sejarah Bundesliga dan kedua dalam sejarah klub yang mampu melakukannya.

Haaland juga menjadi pemain Dortmund pertama yang mampu mencetak gol di setiap laga debutnya, mulai dari Bundesliga, Piala DFB, Piala Super DFL, dan Liga Champions.

Haaland juga menjadi pemain termuda di usia 20 tahun dan 123 hari, yang bisa mencetak empat gol dalam satu laga Bundesliga.

Haaland juga menjadi pemain termuda kedua, yaitu 19 tahun, 212 hari, yang mampu mencetak 10 gol di kompetisi Liga Champions.

4. Punya Koleksi Gelar Kolektif

Dengan potensi yang dimilikinya, banyak penghargaan individu yang berhasil direngkuh oleh Haaland. Namun, dia juga punya sederet koleksi trofi kolektif.

Bersama Salzburg, dia meraih dua gelar Liga Austria dan satu Piala Austria. Teranyar, dia mengoleksi satu gelar Piala DFB Pokal bersama Dortmund.

Dengan usianya yang masih sangat muda dan kini bergabung dengan Man City, Haaland tentu saja punya banyak peluang untuk menambah koleksi trofinya.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More