Husna Rahmayunita
Gelandang Liverpool Luis Diaz melakukan selebrasi usai pertandingan leg kedua semifinal UEFA Liga Champions antara Liverpool dan Villarreal di stadion La Ceramica, Villarreal, Spanyol, Selasa (3/5/2022). [Paul ELLIS / AFP]

Bolatimes.com - Liverpool mengukir catatan mencengangkan seusai memastikan diri lolos ke babak final Liga Champions 2021-2022 setelah menyingkirkan Villareal. Catatan apa itu?

Liverpool memastikan tempat satu tiket di final Liga Champions 2021-2022 usai menundukkan Villarreal di leg kedua yang berlangsung di Estadio de la Ceramica, Rabu (4/5).

Dalam laga tersebut, Liverpool yang unggul agregat 2-0 atas Villarreal, berhasil menang 3-2 di markas tim berjuluk The Yellow Submarine tersebut.

Kemenangan 3-2 itu tak didapat Liverpool dengan mudah. Keunggulan agregat 2-0 The Reds mampu disamakan Villarreal di babak pertama leg kedua lewat gol Boulaye Dia di menit ke-3 dan Francis Coquelin di menit ke-41.

Namun Liverpool berhasil membalaskan dua gol itu di babak kedua dengan tiga gol masing-masing dari Fabinho di menit ke-62, Luis Diaz di menit ke-67 dan Sadio Mane di menit ke-74.

Tiga gol di babak kedua itu otomatis membawa Liverpool meraih keunggulan agregat 5-2 atas Villarreal dan melangkah ke partai puncak.

Di partai final, Liverpool tinggal menunggu pemenang antara Real Madrid dan Manchester City yang baru akan bertanding pada Kamis (5/5) dini hari WIB.

Para pemain Liverpool merayakan gol Sadio Mane pada pertandingan sepak bola leg pertama semifinal Liga Champions UEFA antara Liverpool dan Villarreal, di Stadion Anfield, di Liverpool, pada 27 April 2022. LLUIS GEN/AFP

Keberhasilan Liverpool melangkah ke partai final Liga Champions 2021-2022 membuat The Reds mencetak catatan mencengangkan.

Catatan tersebut antara lain yakni menjadikan Liverpool sebagai klub Inggris pertama yang melangkah ke final dalam tiga kompetisi berbeda dalam satu musim kompetisi.

Tampil di 3 Final dalam Semusim

Final Liga Champions 2021-2022 yang dijadwalkan akan digelar di Paris, Prancis pada Minggu (29/5) nanti akan membuat Liverpool tampil di tiga final dalam semusim.

Sebelumnya Liverpool telah tampil dan memastikan diri tampil di final kompetisi domestik, yakni di Piala Liga Inggris dan Piala FA.

Di final Piala Liga Inggris yang berlangsung pada 27 Februari 2022 lalu, Liverpool berhasil membawa pulang gelar juara dengan mengalahkan Chelsea di partai final lewat drama adu penalti.

Lalu di Piala FA, Liverpool juga akan kembali bertemu Chelsea dan dijadwalkan akan digelar pada 14 Mei mendatang, atau satu minggu sebelum pekan terakhir Premier League 2021-2022.

Jika Liverpool berhasil memenangkan final Piala FA dan selanjutnya memenangkan Liga Champions, maka The Reds berpeluang meraih Quadruple.

Pasalnya, di sisi lain Liverpool juga masih bersaing di kancah liga, di mana The Anfield Gank masih berpeluang juara karena hanya terpaut satu poin dari Manchester City di puncak di lima partai tersisa.

Mampukah Liverpool meraih Quadruple atau menyabet tiga gelar tersisa dan mencetak sejarah sebagai tim Inggris pertama yang meraih catatan ini? Menarik untuk menantikan perjalanan The Reds hingga akhir musim nanti.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Load More