Irwan Febri Rialdi
Momen kiper Inter Milan, Ionut Radu bikin blunder konyol saat dikalahkan Bologna 1-2. (Twitter/@footballitalia)

Bolatimes.com - Ionut Radu jadi buah bibir. Bukan karena penampilan apiknya, tetapi blunder fatal yang bikin Inter Milan harus menelan kekalahan di lanjutan laga Serie A.

Menghadapi Bologna pada Kamis (28/4/2022) dini hari WIB, Inter keok 1-2. Salah satu gol Bologna yang dicetak oleh Nicola Sansone, berawal dari blunder Radu.

Mendapat lemparan kedalam dari Ivan Perisic, Radu yang ingin menyapu bola justru tendangannya tidak mengenai bola. Bola pun berhasil diambil oleh Sansone dan menceploskannya ke gawang yang kosong.

Baca Juga:
Terancam Gagal Pertahankan Juara Serie A Italia, Bagaimana Nasib Simone Inzaghi?

Pada laga Bologna vs Inter Milan tersebut, pelatih tim tamu Simone Inzaghi terpaksa menurunkan kiper kedua Ionut Radu karena Samir Handanovic cedera. Ternyata, ini menjadi salah satu keputusan yang akhirnya sangat merugikan Inter.

Atas kekalahan ini, Inter Milan gagal menyalip AC Milan di puncak klasemen. I Nerazzurri tertahan di posisi kedua dengan koleksi 74 poin, berjarak 2 angka dari Rossoneri.

Lantas, siapa sebetulnya Ionut Radu yang jadi biang keladi kekalahan Inter Milan di markas Bologna? Berikut ulasan profilnya.

Baca Juga:
Manchester United vs Chelsea Imbang, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris

Profil Ionut Radu

Sosok dengan nama lengkap Ionu Andrei Radu ini adalah pesepak bola kelahiran Bucharest, Rumania, pada 28 Mei 1997.

Dia sudah bermain bola sejak usia 8 tahun di Viitorul Bucuresti. Dia kemudian pindah ke akademi rival, Steaua Bucuresti, lalu pindah lagi ke Dinamo Bucuresti.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris: Manchester United vs Chelsea Bermain Imbang 1-1

Pada 2013 dia merantau ke Italia dengan bergabung bersama Pergolettese, tidak lama kemudian ditransfer ke akademi Inter Milan.

Radu baru melakoni debutnya buat tim utama Inter pada Mei 2016 di laga terakhir Serie A 2015/16. Setelah itu, Radu dipinjamkan ke tim Serie B, Avellino pada musim 2017/18.

Masa peminjaman Radu berlanjut di Genoa. Selama satu setengah musim di sana, Radu sebetulnya bisa menjadi kiper utama dengan mencatatkan 52 penampilan.

Baca Juga:
Erik ten Hag Datang, Ralf Rangnick akan Latih Timnas Austria

Radu kembali ke Inter Milan pada pertengahan musim 2019/20, namun dia tak dapat menggeser Samir Handanovic yang selalu jadi kiper utama sekaligus kapten tim.

Ionut Radu tetap tercatat menjadi bagian dari tim Inter Milan yang meraih Scudetto 2020/21, meski sama sekali tidak merasakan menit bermain.

Saat kesempatannya untuk bermain datang di musim 2021/22, Radu justru bikin kecewa. Dia melakukan blunder saat diturunkan melawan Bologna yang berakhir dengan kekalahan 1-2 untuk Inter.

Di level tim nasional, Radu belum mampu menembus skuad utama Timnas Rumania. Namun, dia cukup mendapat kepercayaan sebagai kiper di Timnas Rumania U-21.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More