Irwan Febri Rialdi
Wasit Inggris, Mike Dean mengeluarkan kartu merah (Adrian Dennis/AFP)

Bolatimes.com - Salah satu wasit kawakan di Liga Inggris, Mike Dean, dikabarkan bakal pensiun setelah musim 2021/22 berakhir.

Dilaporkan oleh sumber BBC, pengadil berkepala plontos tersebut sudah memastikan bakal berhenti dari pekerjaannya ini. Jika benar, Liga Inggris bakal kehilangan salah satu wasit ikonik dan berpengalaman.

Usia Mike Dean memang sudah tak lagi muda, kini dia telah menginjak 53 tahun. Dia sudah lebih dari 2 dekade menjadi pengadil di atas lapangan hijau.

Baca Juga:
Takut Ketinggalan Pesawat, Franco Morbidelli Tunggangi Motor Polisi di Mandalika

Selama berkarier, Mike Dean sempat menuai beberapa kontroversi. Salah satunya saat memimpin pertandingan antara Chelsea vs Arsenal pada 2015.

Saat itu Mike Dean memberi kartu merah kepada bek Arenal, Gabriel, usai bersitegang dengan Diego Costa. Padahal dalam tayangan ulang terlihat Costa lebih dulu mendorong wajah Laurent Koscielny.

Para pendukung Arsenal sempat bikin petisi agar Mike Dean tak lagi memimpin laga The Gunners. Akhirnya FA saat itu membatalkan kartu merah Gabriel dan memberikan kartu merah kepada Costa.

Baca Juga:
Elkan Baggott Dipanggil Tim Utama, Ipswich Town Nyaris Menang Lawan Oxford United

Lantas, siapa sebetulnya Mike Dean ini dan bagaimana perjalanan kariernya?

Profil Mike Dean

Mike Dean lahir di Wirral, kota dekat Merseyside, Inggris pada 2 Juni 1968. Dean sudah masuk ke dunia perwasitan sepak bola sejak 1985.

Baca Juga:
Profil Rafid Habibie, Cucu Presiden BJ Habibie yang Jadi Pesepak Bola

Awalnya dia cuma menjadi wasit untuk kompetisi-kompetisi kasta bawah di Inggris hingga akhirnya pada tahun 2000 ditunjuk menjadi salah satu wasit Liga Inggris.

Kemudian pada 2003, Mike Dean resmi menjadi wasit berlisensi FIFA hingga berakhir pada 2013 silam. Selama berkarier lebih dari 29 tahun lamanya, Mike Dean sudah memimpin lebih dari 800 pertandingan.

Pertandingan terbesar yang pernah dipimpin oleh Mike Dean adalah Kualifikasi Piala Dunia. Ya, meskipun Mike Dean adalah wasit veteran dan punya lisensi FIFA, dia belum pernah menjadi pengadil di laga sebesar Piala Dunia atau Piala Eropa.

Baca Juga:
Profil Zian Zigaz, Eks Pemain Persita Tangerang yang Jadi Vokalis Band

Dia sebatas hanya memimpin pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia, Kualifikasi Piala Eropa, Kualifikasi Liga Champions, dan Liga Europa.

Sepanjang berkarier sebagai wasit sejauh ini, Mike Dean sudah mengeluarkan 2.975 kartu kuning, 86 kartu kuning berujung kartu merah, dan 98 kartu merah langsung.

Selain itu, Mike Dean tercatat sudah 287 kali menunjuk titik putih dalam sebuah pertandingan.

Hal-hal tak mengenakan pun pernah dialami oleh Mike Dean sebagai seorang wasit. Salah satunya pada 2009 ketika dia dilempar koin oleh suporter Cardiff saat melawan Swansea City, sehingga harus mendapatkan perawatan.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More