Husna Rahmayunita
Pelatih Barcelona, Xavi Hernadez. (AFP/Josep Lago)

Bolatimes.com - Catatan apik ditorehkan oleh pelatih Barcelona Xavi Hernandez yang sukses mengantarkan timnya mengalahkan Real Madrid di lanjutan Liga Spanyol, Senin (21/3/2022) dini hari WIB. Barcelona menang telak dengan skor 4-0 di laga El Clasico.

Xavi Hernandez mengantarkan anak asuhnya menang lewat penampilan apik saat melawan rival abadi, Real Madrid. Empat gol tanpa balas dicetak skuad Blaugrana. 

Masing-masing gol disumbangkan Pierre-Emerick-Aubameyang (29', 51'), Ronald Araujo (38'), dan Ferran Torres pada menit ke-47.

Baca Juga:
Pesan Manis Sang Kekasih usai Muhammad Shohibul Fikri Juarai All England 2022

Kemenangan ini membuat Barcelona menjaga asa untuk bisa finis di posisi tiga besar Liga Spanyol 2022 dan di sisi lain, menjadikan Xavi Hernandez masuk ke dalam buku sejarah Barcelona lantaran mencetak dua rekor mentereng.

Mengutip data Opta via Twitter, Xavi Hernandez merupakan pelatih Barcelona pertama di era sepa bola modern yang mampu membantai Real Madrid dengan margin empat gol di Santiago Bernabeu.

Sebelum Xavi, pelatih yang bisa melakukan catatan luar biasa itu adalah Ferdinand Daucik (Barcelona menang 7-2, 1951) dan Helenio Herrera (Barcelona menang 4-0, 1959).

Baca Juga:
Lucu Banget, Pebalap MotoGP Alessandro Zaccone Makan Nasi Putih Lauknya Nasi Goreng

Di samping itu, performa apik Barcelona dalam laga ini juga membuat Xavi mencatatkan rekor sebagai pelatih ketiga yang mampu membawa Barcelona mencatatkan setidaknya 10 tendangan tepat sasaran ke gawang Real Madrid di satu laga.

Sebelum Xavi, terdapat dua pelatih yang mampu membuat Barcelona layaknya sebuah teror tak berkesudahan untuk Los Blancos, yakni Ernesto Valverde (11 tendangan, 2017) dan Frank Rijkaard (13 tendangan, 2003).

Kemenangan atas Real Madrid tak mengubah posisi Barcelona di posisi tiga klasemen dengan koleksi 54 poin, terpaut tiga poin dari Sevilla di tempat kedua.

Baca Juga:
Cek Fakta: Benarkah Marc Marquez Dipijat Tukang Urut usai Kecelakaan di Sirkuit Mandalika?

(Suara.com/Arief Apriadi)

Load More