Selasa, 07 Februari 2023
Husna Rahmayunita : Kamis, 17 Februari 2022 | 18:41 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Barcelona akan mengarungi kompetisi kasta kedua Europa, Liga Europa  setelah tergusur dari Liga Champions. Pertandingan pertama, Barcelona akan melawan Napoli.

Ini menjadi penampilan perdana bagi Barcelona di Liga Europa setelah 17 tahun lalu. Duel Barcelona vs Napoli digelar dalam dua leg di babak play-off fase gugur.

Leg pertama Barcelona vs Napoli akan digelar Jumat (16/2/2022). Jelang pertandingan tersebut, terdapat fakta unik.

Gelandang Barcelona yang namanya kini tengah naik daun, Gavi, ternyata belum dilahirkan ketika Los Cules terakhir kali tampil di kompetisi kasta kedua Eropa itu.

Terakhir kali Barcelona tampil di kompetisi kasta kedua Eropa adalah di musim 2003/04, ketika Liga Europa masih bernama UEFA Cup. Ketika itu Barcelona disingkirkan Celtic.

Gavi, yang sekarang berusia 17 tahun, lahir lima bulan setelah pertandingan Barcelona kontra Celtic, pada Agustus 2004.

Fakta lainnya adalah ketika itu Xavi Hernandez, pelatih Barcelona saat ini, menjadi andalan Los Cules di lini tengah.

Sosok Gavi

Gavi menembus tim utama Barcelona di awal musim ini. Ketika itu, ia diberikan kesempatan oleh pelatih sebelumnya, Ronald Koeman.

Di bawah kepemimpinan Xavi, Gavi tetap mendapat kepercayaan. Tercatat, musim ini gelandang 17 tahun itu sudah memainkan 27 pertandingan bagi Barcelona di semua kompetisi.

Gavi menjadi starter di dua pertandingan terakhir Barcelona, melawan Atletico Madrid dan Espanyol. Di dua laga tersebut ia mencetak gol, meski golnya di derby Catalan akhir pekan lalu dianulir karena berbau offside.

Di tim nasional, Gavi juga mendapat kepercayaan dari pelatih timnas Spanyol Luis Enrique. Di bawah kepemimpinan Enrique, Gavi menjadi pemain penting di lini tengah La Furia Roja.

(Suara.com/Syaiful Rachman)

BACA SELANJUTNYA

Legenda Barcelona Gagal Bawa Argentina Lolos ke Piala Dunia U-20 2023 Indonesia