Rauhanda Riyantama
Aksi Sadio Mane saat antar Senegal kalahkan Tanjung Verde 2-0 dan lolos ke perempatfinal Piala Afrika 2021. (PIUS UTOMI EKPEI / AFP)

Bolatimes.com - Senegal dan Maroko menjadi dua tim selanjutnya yang memastikan diri lolos ke perempatfinal Piala Afrika 2021. Hasil ini didapat setelah mereka menang atas lawannya masing-masing di babak 16 besar.

Timnas Senegal melaju ke perempatfinal Piala Afrika 2021 setelah menghajar Tanjung Verde dengan skor 2-0, Rabu (26/1/2022) dini hari WIB. Dua gol Senegal masing-masing dicetak Sadio Mane dan Bamba Dieng.

Dalam pertandingan di Stadion Kouekong, Bafoussam, Kamerun itu, Senegal mendapat keuntungan besar sebab mereka hanya perlu menghadapi sembilan pemain Tanjung Verde.

Baca Juga:
Pemain Buruan Barcelona, dari Penggawa Juventus hingga Ajax

Tanjung Verde harus kehilangan dua pemain menyusul kartu merah yang diterima gelandang Patrick Andrade dan kiper Vozinha, demikian catatan situs resmi CAF.

Kartu merah pertama kali keluar dari saku wasit Lahlou Benbraham pada menit ke-21 setelah VAR meninjau pelanggaran Patrick terhadap Pape Gueye.

Lantas pada menit ke-57 wasit mengeluarkan kartu merah keduanya lantaran Vozinha keluar dari sarangnya untuk menjatuhkan Sadio Mane.

Baca Juga:
Lee Zii Jia dan BAM Sepakat Berdamai, Bersyukur Bisa Kembali Bela Malaysia

Menghadapi sembilan pemain Tanjung Verde, Senegal akhirnya berhasil membuka keunggulan melalui keberhasilan Mane memanfaatkan bola liar dalam situasi sepak pojok pada menit ke-63. Gol itu sempat ditinjau oleh VAR sebelum akhirnya disahkan oleh wasit.

Dua menit memasuki injury time, Bamba Dieng melengkapi kemenangan Senegal menjadi 2-0 saat penyerang Marseille itu memanfaatkan umpan Famara Diedhiou dalam situasi serangan balik.

Di babak perempatfinal, Senegal akan bertemu pemenang laga 16 besar lainnya antara Mali kontra Guinea Ekuator yang baru dimainkan sehari berselang.

Baca Juga:
Harga Tiket Laga Timnas Indonesia vs Timor Leste di FIFA Matchday

Achraf Hakimi cetak satu gol saat Maroko kalahkan Malawi 2-1 di Piala Afrika 2021. (KENZO TRIBOUILLARD / AFP)

Sementara di laga lainnya, Achraf Hakimi mencetak tendangan bebas yang mengagumkan untuk membawa Maroko lolos ke perempatfinal Piala Afrika 2021, Rabu (26/1/2022) dini hari WIB.

Dalam pertandingan di Stadion Ahmadou Ahidjo, Yaounde, Kamerun, Maroko mengalahkan Malawi dengan skor 2-1.

Gabadinho Mhango sempat membawa Malawi yang baru pertama kali lolos ke fase gugur turnamen ini, unggul pada menit ke-7 dengan golnya yang menakjubkan dari jarak 40 meter.

Baca Juga:
Pose Pakai Swimsuit Hitam, Body Goals Tante Ernie Kembali Curi Fokus

Tapi sundulan Youssef En-Nesyri membawa Maroko menyamakan kedudukan pada perpanjangan waktu babak pertama sebelum Hakimi mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-70.

Gol Hakimi membawa Maroko unggul 2-1 dan skor itu bertahan hingga pertandingan berakhir. Kemenangan ini membawa Maroko ke perempat final untuk menunggu pemenang pertandingan Mesir melawan Pantai Gading dalam babak delapan besar.

Berikut hasil lengkap Piala Afrika 2021 tadi malam.

Senegal vs Tanjung Verde (2-0)

Maroko vs Malawi (2-1)

Load More