Husna Rahmayunita
Trofi FIFA Arab Cup. (fifa.com)

Bolatimes.com - Negara-negara Arab nyatanya tak mau ketinggalan soal sepak bola. Hal ini terbukti dari hadirnya turnamen sepak bola terakbar di kawasan Jazirah Arab yang bertajuk FIFA Arab Cup 2021.

Turnamen ini diikuti oleh negara-negara terbaik di kawasan Jazirah Arab yang meliputi negara-negara di dua konfederasi, yakni Asia dan Afrika.

Negara-negara yang berpartisipasi antara lain, Qatar, Oman, Iraq, Bahrain, Tunisia, Uni Emirat Arab, Suriah, Maroko, Arab Saudi, Yordania, Palestina, Mauritania, Aljazair, Mesir, Lebanon, dan Sudan.

Baca Juga:
IYC 2021 Resmi Ditunda, Tiga Klub Top Spanyol Batal ke Indonesia

Untuk edisi 2021 ini, FIFA Arab Cup digelar sejak 30 November hingga 18 Desember 2021. Nantinya, ke-16 negara ini akan terbagi dalam empat grup dan memainkan 24 pertandingan dari total 32 pertandingan yang ada.

Nyatanya, FIFA Arab Cup ini bukanlah turnamen yang populer sebelumnya. Hanya saja, turnamen ini kini menjadi pembicaraan karena ada unsur 'FIFA' dalam namanya penyelenggaraannya.

Lantas, bagaimana perjalanan FIFA Arab Cup itu sendiri?

Baca Juga:
Greysia/Apriyani Ungkap Pesan Vital Pelatih saat Kalahkan Wakil Malaysia

Sejarah FIFA Arab Cup

Timnas Yordania merayakan kemenangan atas Arab Saudi di FIFA Arab Cup 2021, Rabu (1/12/2021). (AFP/Jack Guez)

Lahirnya FIFA Arab Cup sendiri berasal dari ide Presiden Asosiasi Sepak Bola Lebanon (LFA), George Dabbas pada 1962. Ia menggagas lahirnya turnamen bertajuk Piala Arab kepada Majelis Umum Arab.

Sejak 1966, Piala Arab secara De Facto digantikan Piala Palestina yang berlangsung hingga 1982 dan kemudian digantikan dengan nama turnamen pemuda sebelum kembali ke nama Piala Arab pada 1980 an.

Baca Juga:
Kiper Timnas Indonesia Nyaris Pensiun Dini karena Dokter Gadungan Eks PSS

Hingga kini, masih banyak yang bingung untuk membedakan Arab Cup dengan Gulf Cup atau Piala Teluk. Pasalnya, negara pesertanya hampir sepenuhnya sama.

Perbedaan Arab Cup dan Piala Teluk sendiri terletak pada pesertanya. Jika ditelisik lebih jauh, Piala Teluk hanya mengundang negara-negara Jazirah Arab yang ada di kawasan Teluk Persia yang tergabung dalam Gulf Cooperation Council (GCC).

Berbeda dengan Piala Teluk, Arab Cup lebih menyeluruh karena pesertanya juga melibatkan negara-negara yang berada di benua Afrika.

Baca Juga:
Malaysia Coret Striker Naturalisasi yang Pernah Jadi Mimpi Buruk Indonesia

FIFA Arab Cup 2021 ini menjadi turnamen terakbar pertama untuk negara Jazirah Arab. Pasalnya, edisi 2021 ini, Arab Cup berada di bawah yurisdiksi FIFA atau dianggap resmi.

FIFA menjadikan Arab Cup 2021 ini sebagai ajang pemanasan jelang Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar pada bulan November 2022 nanti.

Karena sebagai ajang pemanasan Piala Dunia 2022, FIFA Arab Cup edisi 2021 ini digelar di venue yang akan digunakan di Piala Dunia 2022 nanti yakni di Qatar.

Adapun venue yang digunakan antara lain, Al-Bayt Stadium, Al-Janoub Stadium, Al-Thumama Stadium dan Ahmed Bin Ali Stadium.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More