Irwan Febri Rialdi
Bek Chelsea asal Brasil, Thiago Silva, merayakan gol pertama timnya ke gawang Tottenham Hotspur dalam laga pekan kelima Liga Inggris 2021/2022 di Stadion Tottenham Hotspur di London, pada 19 September 2021. JUSTIN TALLIS / AFP.

Bolatimes.com - Premier League kini menjadi liga paling glamor di dunia. Parameternya bisa diukur dari jumlah kekayaan yang dimiliki oleh klub-klub kompetisi sepak bola di Inggris tersebut.

Dengan dana segar yang berlimpah, banyak pemain-pemain berlabel bintang dengan harga selangit yang merumput di Premier League.

Kondisi ini membuat Premier League menjadi liga dengan market value tertinggi di Eropa, bahkan dunia. Lantas, siapa saja klub Liga Inggris paling kaya saat ini?

Baca Juga:
Profil Ricky Kambuaya, Tiga Tahun Lalu di Liga 2, Kini Jadi Andalan Timnas

1. Wolverhampton Wanderers

Pemilik Wolverhampton, Guo Guangchang, merupakan ketua grup perusahaan Fosun International Limited yang bergerak di bidang pertambangan, baja, asuransi, dan farmasi.

Dia sudah mengambil alih Wolves sejak 2016 dan kini tercatat punya kekayaan 5,2 miliar poundsterling.

Baca Juga:
Timnas Menang, Shin Tae-yong: Sepak Bola Indonesia Dimulai dari Sekarang

2. Arsenal

Nama Stan Kroenke sudah tak asing lagi di bisnis industri olahraga. Dia sudah memiliki saham di Arsenal sejak 2007, kemudian mengambil alih The Gunners pada 2011.

Pengusaha asal Amerika Serikat yang juga memiliki klub  Los Angeles Rams yang berlaga di NFL dan Denver Nuggets di NBA tersebut punya kekayaan 6,8 miliar pounds.

Baca Juga:
Calon Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Ada Malaysia

3. Chelsea

Nama Roman Abramovich bukan sosok baru di Liga Inggris. Dia sudah mengakuisisi Chelsea sejak 2003 silam dan menjadikan The Blues salah satu klub besar di Eropa dan dunia.

Sudah banyak pemain-pemain bintang yang didatangkan ke Stamford Bridge sejak Abramovich hadir. Kini, taipan asal Rusia itu punya kekayaan 10,5 miliar pounds.

Baca Juga:
Video Nurhidayat Sikut Muka Pemain Persijap Jepara, Lawan Langsung Terkapar

4. Manchester City

Manchester City menjelma sebagai tim kuat di Inggris dan dunia sejak Sheikh Mansour mengakuisisi The Citizens pada 2008 silam. Dana berlimpah membikin City mampu membeli banyak pemain hebat dan membayar pelatih hebat.

Berbagai macam gelar domestik dari Premier League, Piala FA, hingga Piala Liga sudah diraih City sejak Mansour hadir. Kini Sheikh Mansour tercatat punya kekayaan 21 miliar pounds.

5. Newcastle

Dalam satu malam, Newcastle langsung jadi klub paling kaya di Inggris dan dunia saat ini. Penyebabnya adalah proses akuisisi klub oleh pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), yang sudah resmi terjadi.

The Magpies resmi diakuisisi oleh Konsorsium Arab Saudi pada Kamis (7/10/2021). Konsorsium itu melibatkan Public Investment Fund atau Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi, PCP Capital Partners, dan Reuben Bersaudara. Diketahui jumlah kekayaan Mohammed bin Salman sebagai Presiden PIF berjumlah 320 miliar poundsterling.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More