Irwan Febri Rialdi
Pemain Chelsea, Didier Drogba berfoto bersama trofi liga primer Inggris pada tahun 2015 (AFP)

Bolatimes.com - Sudah lebih dari dua dekade Jose Mourinho menjadi pelatih, salah satu klub tersukses yang pernah dilatih olehnya adalah Chelsea.

Masa bakti Mourinho sebagai pelatih Chelsea terbagi menjadi dua periode. Periode pertama kali pelatih asal Portugal itu datang ke Stamford Bridge berlangsung dari 2004 hingga 2007.

Periode kedua Mourinho di Chelsea lebih singkat, yakni dari 2013 hingga 2015. Selena total 7 musim bersama The Blues, Mourinho mampu mempersembahkan delapan trofi.

Baca Juga:
Liga Inggris Makin Seru, Watford Tunjuk Claudio Ranieri Jadi Pelatih

Selain itu, ada beberapa pemain yang menjelma jadi pemain hebat di bawah arahan Mourinho saat melatih Chelsea. Siapa saja mereka?

1. Eden Hazard

Eden Hazard/Instagram

Hazard memang bukan pembelian Mourinho, tetapi dia semakin berkembang di bawah arahan Mourinho. Dua musim beruntun, 2013/14 dan 2014/15, Hazard menyabet gelar pemain muda terbaik Liga Inggris.

Baca Juga:
Cadangkan Cristiano Ronaldo, Solskjaer Diprotes Senior

Hazard juga jadi pemain penting ketika Chelsea meraih gelar Liga Inggris 2014/15. Pemain asal Belgia itu mencetak 14 gol dan 10 assist dari 38 laga Liga Inggris.

2. John Terry

John Terry ketika berseragam Chelsea. (Glyn Kirk/AFP).

Salah satu keputusan yang diambil Mourinho saat pertama kali melatih Chelsea pada 2004 adalah menunjuk John Terry sebagai kapten. Keputusan itu tepat karena Terry bisa menunjukkan kepemimpinan sekaligus kemampuan bermain yang sama baiknya.

Baca Juga:
4 Pemain Asal Jepang yang Hijrah ke Eropa Musim Ini

Bersama Mourinho, Terry meraih tiga trofi Liga Inggris yang semuanya diraih dengan jabatan sebagai kapten.

3. Petr Cech

Petr Cech memegang trofi Liga Champions saat Chelsea berhasil menang di partai final melawan Bayern Munchen pada tahun 2012 (19/5/2012) [Patrik Stollarz/AFP]

Selain menunjuk Terry jadi kapten, keputusan lain yang diambil Mourinho saat menukangi Chelsea adalah memboyong Petr Cech dari Stade Rennes pada 2004.

Baca Juga:
Alasan Jurgen Klopp Ogah Gantikan Ronald Koeman di Barcelona

Kiper asal Republik Ceko itu langsung jadi andalan pada musim perdananya di Chelsea dengan mencatatkan 24 clean sheet. Pada periode kedua Mourinho di Chelsea, Cech kembali meraih penghargaan sarung tangan emas Liga Inggris usai mencatatkan 16 clean sheet di musim 2013/14.

4. Frank Lampard

Frank Lampard saat masih bela Chelsea pada tahun 2009 (Carl De Souza/AFP)

Setelah Terry, Lampard merupakan pemain Chelsea paling loyal dan jadi kesayangan Jose Mourinho. Di musim perdananya Mourinho, Lampard mampu mencetak 19 gol dari 58 laga.

Prestasi Lampard yang ciamik baik individu dan tim membuatnya masuk nominasi peraih Ballon d'Or pada 2005. Namun, dia dikalahkan oleh Ronaldinho yang saat itu membela Barcelona.

5. Didier Drogba

Pemain Chelsea, Didier Drogba berfoto bersama trofi liga primer Inggris pada tahun 2015 (AFP)

Salah satu penyerang paling tajam yang pernah dilatih oleh Mourinho adalah Drogba. Dia jadi pembelian penting yang dilakukan Mourinho saat memboyongnya dari Olympique  Marseille dengan biaya 24 juta poundsterling.

Drogba sempat menjadi top skor Liga Inggris saat dilatih Mourinho, yakni pada 2006-2007 dengan 20 gol. 

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More