Husna Rahmayunita
Gelandang serang Beyern Munich, Thomas Muller. (CHRISTOF STACHE / AFP)

Bolatimes.com - Thomas Muller kembali jadi mimpi buruk Barcelona. Pemain berkebangsaan Jerman itu menyumbang satu gol dalam kemenangan Bayern Munchen atas Barcelona di partai pertama Grup E Liga Champions.

Laga yang berlangsung di Camp Nou pada Rabu (15/9) dini hari WIB, itu berakhir dengan kemenangan Die Roten 3-0.

Satu gol Muller ke gawang Marc-Andre Ter Stegen seolah menegaskan bahwa dirinya adalah mimpi buruk buat Blaugrana. Dia menjadi pemain paling banyak membobol gawang Barcelona di Liga Champions sepanjang sejarah dengan 7 gol.

Baca Juga:
Dicibir Karena Transgender, Petarung MMA Ini Curhat Dinodai Komentar Jahat

Berikut profil Thomas Muller.

Profil Thomas Muller

Thomas Muller lahir pada 13 September 1989 di Weilheim in Oberbayern, Jerman. Ketika masih bocah, dia bergabung dengan akademi TSV Pahl.

Baca Juga:
Potret Lelahnya Viral, Jordi Alba Ternyata Bermain dalam Kondisi Demam

Tujuh tahun di sana, Muller pergi ke Bayern Munchen pada 2000 untuk bergabung dengan akademi The Bavarian.

Thomas Muller dan skuat Jerman saat kalah dari Korea Selatan. (Sumber: New Daily).

Bakat Muller semakin terasah di Bayern. Dia bermain untuk tim U-19 Bayern dan mengantarkan tim jadi runner-up di 2007. Penampilan apiknya membuat pelatih Bayern di musim 2008/09, Jurgen Klinsmann, mempromosikan Muller ke tim utama.

Dia menjalani debut di tim utama pada 15 Agustus 2008. Di musim itu, dia cuma main 4 kali sebagai pemain pengganti. Satu musim berikutnya, Muller jadi pilihan utama Bayern di lini depan.

Baca Juga:
Profil Jesse Lingard, Pemain Manchester United yang Lakukan Blunder Fatal

Dia mentas 52 kali di semua ajang dengan koleksi 19 gol dan 16 assist. Padahal di musim 2009/10, Bayern sempat ingin meminjamkannya ke klub lain. Namun, kehadiran Louis van Gaal sebagai pelatih baru bikin Muller aman. Di musim itu pula, Muller meraih gelar Bundesliga pertamanya, plus trofi DFB-Pokal, dan DFL-Supercup.

Tercatat sudah 14 musim Thomas Muller membela Bayern di level senior. Dari belasan tahun itu, Muller sudah tampil 588 kali dengan 217 gol dan 220 assist.

Muller juga sukses secara prestasi. Dalam kabinet trofinya, dia memiliki 10 gelar Bundesliga, 6, DFB-Pokal, dan 2 gelar Liga Champions, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga:
Deretan Kekalahan Barcelona dari Bayern Munchen, Terparah Tahun Lalu

Di level tim nasional, Muller menjalani debut di Timnas Jerman pada 2010. Thomas Muller sudah menorehkan 106 caps dengan koleksi 39 gol.

Piala Dunia 2010 menjadi ajang besar pertama yang diikuti Muller. Dia mampu membawa Jerman meraih peringkat ketiga, kemudian mengantarkan Jerman jadi juara Piala Dunia 2014.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More