Minggu, 05 Desember 2021
Irwan Febri Rialdi : Selasa, 14 September 2021 | 12:44 WIB

Bolatimes.com - Gambar tiga burung kecil dalam jersey ketiga Ajax Amsterdam yang terinspirasi dari musisi legendaris, Bob Marley, mendapat teguran dari UEFA.

Gambar tiga burung yang terinspirasi dari lagu ‘Three Little Birds’ ciptaan Bob Marley itu memang sebetulnya menjadi salah satu ikon Ajax Amsterdam.

Sebab, suporter tim berjulukan De Godenzonen itu telah menyanyikan lagu tersebut sejak tahun 2008.

Akhir pekan lalu, manajemen Ajax mengumumkan secara resmi bahwa mereka akan menghilangkan tiga gambar burung tersebut dalam jersey ketiga.

Menurut penjelasan Ajax, UEFA melihat simbol tersebut sebagai bagian dari pernyataan politik. Hal ini dianggap terlarang dalam pertandingan sepak bola.

“Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) melihat hal ini sebagai ekspresi yang berbeda dari logo klub, sponsor, atau pun sponsor di bagian kerah. Mereka tak memperbolehkan ekspresi seperti itu,” tulis Ajax.

Makna Tiga Burung Kecil

Lagu ‘Three Little Birds’ dan suporter Ajax Amsterdam sudah saling bertaut sejak tahun 2008. Ini menjadi lagu yang sering dinyanyikan oleh suporter sejak saat itu.

Awalnya, sebuah laga uji coba antara Ajax melawan Cardiff digelar di Ninian Park, markas Cardiff City.

Saat itu, penonton yang memadati stadion diminta untuk berdiri di tribune. Lalu, operator musik yang bertugas di stadion memutar lagu Three Little Birds’.

Fans yang berada di stadion pun langsung menyanyi bersama-sama. Bahkan, lagu ini terus menerus dinyanyikan sejak saat itu, baik pada laga kandang maupun tandang.

Lagu yang direkam oleh Bob Marley dan The Wailers pada tahun 1997 ini memang mengandung sebuah pesan yang cukup kuat, yakni mengenai harapan.

Hal itu bisa terlihat dari bagian chorus-nya: Don’t worry about a thing/ ‘Cause every little thing gonna be alright/ Singin’: “Don’t worry about a thing/ ‘Cause every little thing gonna be alright!”

(Jangan khawatir atas hal apa pun/ Sebab semuanya akan baik-baik saja/ Nyanyikan: jangan khawatir atas apa pun/ Sebab semuanya akan baik-baik saja!”

Judul lagu tersebut, “Three Little Birds”, kemudian diterjemahkan oleh Ajax ke dalam jersey berwarna hitam yang diberi aksen warna hijau, merah, dan emas, pada bagian pundak.

Sementara itu, tiga burung kecil yang bertengger di atas salib simbolis Saint Andrew Amsterdam dijahit di bagian belakang.

Saat pertama kali dirilis, Ajax dan apparel resmi mereka, Adidas, memperkenalkan jersey ketiga tersebut yang lahir dari kolaborasi bersama keluarga besar Bob Marley.

Jersey ketiga Ajax untuk musim 2021/2022 ini merupakan sebuah persembahan untuk fans dan klub Ajax Amsterdam yang memiliki hubungan emosional dengan Bob Marley dan salah satu lagu legendarisnya, “Three Little Birds”.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

BACA SELANJUTNYA

Digugat, Klub Irlandia Hapus Wajah Bob Marley di Jersey Tandang