Minggu, 26 September 2021
Irwan Febri Rialdi : Kamis, 05 Agustus 2021 | 15:00 WIB

Bolatimes.com - Romelu Lukaku menjadi perbincangan hangat di bursa transfer musim panas tahun ini. Namanya santer dikait-kaitkan bakal pindah dari Inter Milan ke Chelsea.

Masa depan Lukaku di Italia memang jadi pertanyaan. Kondisi Inter yang memiliki utang membuat mereka harus mendapatkan dana segar untuk menutupinya.

Salah satu caranya adalah dengan melepas Lukaku ke Chelsea. Dikabarkan The Blues siap menggelontorkan dana hingga 130 juta euro atau lebih dari Rp 2 triliun.

Lukaku sendiri disebut-sebut ingin pindah ke Chelsea. Terlebih, penyerang berusia 28 tahun itu pernah menjadi bagian Chelsea.

Profil Romelu Lukaku

Lukaku lahir di Kota Antwerp pada 13 Mei 1993 dan sudah bermain sepak bola sejak usia 5 tahun. Dia bergabung dengan klub lokal Rupel Boom. Bakat dia dipantau oleh klub Liga Belgia, Lierse.

Dia lalu bergbung dengan akademi Lierse lalu pindah ke tim junior Anderlecht pada 2006. Di tim junior, Lukaku mencetak 131 gol dari 93 laga.

Ketika usianya 16 tahun, Lukaku menandatangani kontrak profesional dengan Anderlecth hingga 2012. Bersama Anderlecth, Lukaku mencetak 41 gol dan 18 assist dari 98 laga lintas kompetisi. Dia juga meraih satu gelar Liga Belgia.

Bakatnya yang menonjol membuat Chelsea terpikat dan menggelontorkan dana 10 juta poundsterling untuk memboyongnya pada Agustus 2011. Namun, Lukaku jarang mendapat kesempatan dan akhirnya dipinjamkan ke West Bromwich Albion di musim 2012/13.

Lukaku kembali dipinjamkan ke Everton satu musim berselang. Di Goodison Park, Lukaku mulai mendapat tempat dan menunjukkan ketajamannya. Dia mencetak 87 gol dan 29 assist di semua kompetisi.

Setelah empat musim di Everton dengan penampilan yang memukau, Manchetser United merogoh kocek hingga 75 poundsterling untuk mendatangkan Lukaku pada Juli 2017.

Performa Lukaku dinilai tak terlalu menjanjikan bersama The Red Devils meski mampu mencetak 42 gol dan 13 assist selama dua musim.

Akhirnya Lukaku pindah ke Inter pada Agustus 2019 dengan mahar 80 juta euro. Di Italia, Lukaku kembali menemukan ketajamannya dengan mencetak 64 gol dalam dua musim terakhir. Lukaku juga sukses mengantarkan Inter meraih Scudetto sekaligus mengakhiri dominasi Juventus.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

BACA SELANJUTNYA

Klasemen Terbaru Liga Inggris: Man United Buntuti Chelsea di Puncak