Irwan Febri Rialdi
Logo Liga Inggris. (Dok. Premier League).

Bolatimes.com - Manchester United dan Chelsea berhasil finis di urutan ketiga dan keempat setelah sama-sama meraih kemenangan pada Minggu (27/7/2020). Inilah klasemen akhir Liga Inggris 2019/2020.

MU dan Chelsea menempati urutan ketiga dan keempat klasemen akhir Premier League Inggris setelah keduanya sama-sama meraih kemenangan 2-0 di pekan pemungkas.

Manchester United mengalahkan tim pesaing Leicester City di Stadion King Power, sedangkan Chelsea menundukkan Wolverhampton di Stamford Bridge.

Baca Juga:
1 Pemain Timnas Senior Dibawa ke Rumah Sakit, Ini Penjelasan Staf Pelatih

Para pemain Chelsea merayakan gol ke gawang Wolves pada laga pekan terakhir Liga Inggris 2019/2020 di Stamford Bridge, London, Minggu (26/7/2020) malam WIB. [MATTHEW CHILDS / POOL / AFP]

MU kini finis di urutan ketiga dengan koleksi 66 poin, unggul selisih gol di atas Chelsea (66 poin) dan keduanya menemani Liverpool serta City ke Liga Champions musim depan.

Sementara Liverpool yang sudah menjadi juara sejak pekan ke-31 menutup musim gemilang mereka dengan menundukkan Newcastle United 3-1 di St. James' Park.

Kemenangan Liverpool tersebut menorehkan dua rekor yakni jumlah kemenangan berupa 32 kali dan jumlah total poin yakni 99 poin, demikian seperti dimuat Antara.

Baca Juga:
Elkan Baggott Sudah Tiba di Indonesia, Siap Ikuti TC Timnas U-19

Runner-up Manchester City juga menutup musim dengan sebuah perpisahan indah bagi David Silva, yang mengakhiri kariernya bersama The Citizens setelah satu dasawarsa, lewat kemenangan telak 5-0 atas tim juru kunci Norwich City di Etihad.

Drama yang dijanjikan dalam perebutan empat besar tak begitu terasa, sebab komposisi peringkat ketiga dan keempat tidak berubah dibandingkan setelah rangkaian pertandingan pekan ke-37.

Sementara kekalahan dari Chelsea menjadi kerugian besar bagi Wolverhampton, pasalnya Tottenham Hotspur menyalip mereka untuk finis di urutan keenam berbekal hasil imbang 1-1 melawan Crystal Palace.

Baca Juga:
Dokter Timnas Sarankan Shin Tae-yong Kurangi Intensitas Latihan, Mengapa?

Dengan demikian, Tottenham memastikan setidaknya satu tiket babak kualifikasi kedua Liga Europa, mendampingi Leicester yang langsung ke fase grup karena finis di urutan kelima.

Wolverhampton kini harus menggantungkan harapan kepada Chelsea yang menghadapi Arsenal di final Piala FA pada 1 Agustus.

Jika Chelsea menang, tiket fase grup Liga Europa lungsur ke tangan Tottenham dan Wolverhampton memperoleh tiket fase kualifikasi babak kedua.

Baca Juga:
Shin Tae-yong dan 4 Stafnya Telah Tiba di Jakarta, Siap Pimpin TC Timnas

Dalam laga lain, Arsenal menjadi algojo yang memastikan Watford harus terdegradasi ke Divisi Championship ketika mengalahkan tamunya itu dengan skor 3-2 di Emirates.

Bournemouth meraih kemenangan meyakinkan di laga pemungkasnya dengan skor 3-1 atas tuan rumah Everton di Goodison Park.

Sayangnya, hasil itu tak cukup sebab di pertandingan lain Aston Villa berhasil mengimbangi West Ham United 1-1.

Sehingga Bournemouth hanya finis di urutan ke-18 dengan 34 poin, tertinggal satu poin di belakang Villa (35), serta bakal turun ke Divisi Championship bersama Watford dan Norwich.

Liga Premier 2020/21 sudah dipastikan kedatangan Leeds United yang juara Championship dan runner-up West Bromwich Albion, sedangkan satu tiket lagi akan diperebutkan empat tim peserta playoff yakni Brentford, Fulham, Cardiff City dan Swansea City.

Berikut hasil Liga Inggris pekan ke-38 yang berlangsung serempak pada Minggu (26/7) malam mulai pukul 22.00 WIB:

West Ham United 1 - Aston Villa 1 (Andriy Yarmolenko 85'; Jack Grealish 84')
Burnley 1 - Brighton & Hove Albion 2 (Chris Wood 44'; Yves Bissouma 20', Aaron Connolly 50')
Chelsea 2 - Wolverhampton 0 (Mason Mount 45+1', Olivier Giroud 45+4')
Crystal Palace 1 - Tottenham Hotspur 1 (Jeffrey Schlupp 53'; Harry Kane 13')
Everton 1 - Bournemouth 3 (Moise Kean 41'; Joshua King p-13', Dominic Solanke 45+1', Junior Stanislas 80')
Leicester City 0 - Manchester United 2 (Bruno Fernandes p-71', Jesse Lingard 90+8')
Manchester City 5 - Norwich City 0 (Gabriel Jesus 11', Kevin De Bruyne 45+1', 90', Raheem Sterling 79', Riyad Mahrez 83')
Newcastle United 1 - Liverpool 3 (Dwight Gayle 1'; Virgil van Dijk 38', Divock Origi 59', Sadio Mane 89')
Southampton 3 - Sheffield United 1 (Che Adams 50', 71', Danny Ings p-84'; John Lundstram 26')
Arsenal 3 - Watford 2 (Pierre-Emerick Aubameyang p-5', 33', Kieran Tierney 24'; Troy Deeney p-43', Danny Welbeck 66')

Klasemen Liga Inggris musim 2019/2020:

Klasemen Liga Inggris Pekan ke-38 (Screenshot Twitter @premierleague)

Load More